4.500 Guru Lumajang Belum Terima Sertifikasi

LUMAJANG – Sekitar 4.500 guru di Kabupaten Lumajang belum menerima tunjangan sertifikasi. Ditargetkan pada tahun 2014 semua guru akan menerima sertifikasi, khusus bagi yang telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan.

Dari total 8000 guru yang ada, yang telah menerima sertifikasi saat ini masih berada dibawah angka 3500 guru. Namun, pada program seleksi sertifikasi tahun 2012 ini, dipastikan guru yang bakal menerima sertifikasi akan bertambah sekitar 900-an guru. Para guru calon penerima sertifikasi tahun 2012, saat ini masih mengikuti tahap seleksi awal.

“Proses sertifikasi guru masih bertahap,” kata Kepala Dinas Pendidikan Lumajang, Winhatno Hari Surya, .

Dia menambahkan, para guru ini telah mengikuti proses Ujian Kompetensi sebelum mengikuti PLPG. Sementara tambahan calon guru sertifikasi yang mengikuti ujian kompetensi (UK) sebanyak 969 guru. “Dinyatakan yang tidak lulus sebanyak 51 guru. Untuk itulah, yang dinyatakan tidak lulus bisa mengikuti ujian ulang pada tahun depan,” ujar Winhatno.

Ada beberapa hal yang menyebabkan ke 51 orang guru yang tidak lulus, yang 45 guru memang tidak lulus, yang 4 orang guru kondisinya sakit jadi tidak bisa mengikuti UK, sedangkan yang 2 orang tengah menjalankan ibadah umroh. Walaupun demikian, kondisi jumlah guru yang belum menerima sertifikasi jumlahnya naik turun, itu disesuaikan dengan angka mutasi guru yang keluar masuk di Kabupaten Lumajang.

Namun, rata-rata guru yang belum bersertifikasi ada sekitar 4500-an. Sedangkan jumlah guru di Kabupaten Lumajang semunya ada sekitar 8000 lebih guru. Yang telah menerima sertifikasi pada tahun kelulusan hingga 2011 ada sekitar 3500. “Jadi masih banyak yang belum menerima sertifikasi,”ungkap Winhatno.

Walaupun masih banyak guru yang belum menerima tunjangan sertifikasi, pemerintah pusat dan dalam hal ini juga Kabupaten Lumajang, menargetkan pada tahun 2014, proses guru bersertifikasi akan rampung terselesaikan.

Dengan begitu, pada tahun 2015 nanti Dispendik memprediksi semua guru yang ada di Kabupaten Lumajang, dengan nilai masa bhakti sekurang-kurangnya selama 7 tahun masa kerja, dipastikan semuanya akan menerima tunjangan sertifikasi.

“Semoga kuota guru bersertifikasi untuk lumajang terus ada dan banyak,” pungkasnya

sumber : beritajatim

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 64 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: