Daftar Calon Peserta Sertifikasi Guru 2013


Berikut ini adalah daftar calon peserta sergu 2013. Data ini merupakan hasil verifikasi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kab/Kota per 30 Agustus 2012.

Berikut untuk melihat daftar calon peserta sertifikasi guru 2013.

1. Klik disini
2. Klik kriteria
2. Pilih provinsi
3. Pilih Kab/Kota
4. Klik “Tampilkan”

Langkah Pencarian perorangan
1. Klik disini
2. Klik menu “Pencarian”
3. Ketik NUPTK
4. Klik tombol pencarian

About these ads

207 Tanggapan

  1. Kalo umur diatas 60 th apa bisa sertifikasi pak..

  2. Beberapa guru yang jelas masih kuliah juga belum lama mengajar tetapi sudah ada daftar peserta calon sertifikasi, namun saya yang sudah jelas berijasah S1 dan telah lama mengajar tidak tercantum nana. mohon balasan dan konfirmasinya..

    • list nya.. dah berdasarkan SK mentri

      • kalau SK palsu mulai ngajarnya gimana bisa di verifikasi ulang tidak??? seumpama ngajarnya sebenarnya 2007 & 2009 atau 2010 kemudian kepsek sekolah lain di bikin 2005? apakah itu akan di tindak lanjuti. karena benar2 ini kejadian nyata & menurut saya tidak adil & termasuk KKN….kejadian ini di Jakarta

    • Silakan hubg PMPTK Dinas Pendidikan Kabupaten

    • iya senasib bu

    • senasib kita bu,,,,,,,,,,

    • yang jelas tergantung operator yg meng-update di sekolah tersebut…walaupun belasan thun menjad guru tpi klo update data tdk teliti, maka harapan kecil bs sertifikasi,seperti NUPTK tdk diaktifkan, diajukan disekolah yg baru tp nuptk belum dimutasi alias masih induk yg lama,GTT blm diganti menjdi GTY ( utk yg swasta ), dan lainnya. bukan mslh pengakuan lama tdknya menjd guru atau S.1 atau bukan. Yang menentukan adalah Update data Base Online.oleh operator sekolah bersangkutan !

    • akeh bos tunggale gak jakarto aja! arti sebuah kejujuran? jujur HANCUR….

  3. Alhamdulillah namaku ada, trus jika nama SD nya salah bagaimana mengurusnya ?

  4. gimana sih cara nyari calon daftar sertifikasi…

  5. yang terdaftar dlm calon peserta guru 2013 prop Banten kota tangsel utk guru sd kok hanya beberapa orang saja?gmn cara mengusulkan spya masuk k dlam daftar psrta sergur 2013 ya????

    • setau saya data yang ada tidak pernah di update, kasusnya di sekolah saya ada guru yang pindah ngajar dari TK ke SD udah 3 tahun masa sertifikasinya thun 2012 kemaren panggilannya dari TK.,,.dan dinas minta dia balik ke TK.itu bukti kalao data tidak pernah di update, orang2 dinasnya gaptek.,.,.,ga melek teknologi.

  6. datanya ngawur ,guru D.II masuk D.III yang S.I jadi D.II dari mana ngambil data bos?

    • setau saya data yang ada tidak pernah di update, kasusnya di sekolah saya ada guru yang pindah ngajar dari TK ke SD udah 3 tahun masa sertifikasinya thun 2012 kemaren panggilannya dari TK.,,.dan dinas minta dia balik ke TK.itu bukti kalao data tidak pernah di update, orang2 dinasnya gaptek.,.,.,ga melek teknologi.

      • podo kasuse karo aku, piye coro nguruse yo ben neng SD wae?

      • ingatkan pada operator sekolah bersangkutan,agar data divalidasi seteliti mungkin,sesuaikan dengan persyaratn Serttifikasi,yaitu :antara lain :sudah GTY minimal 5 thn ( untuk swasta ), punya NUPTK ( aktif /cek dlm keadaan aktif atau non aktif), Mutasi dahulu bila pindah, ( cek ditempat yg lama,sdhdimutasikan atau belum, mash diaktifkan apa di non aktifkan, segera di tempat yg baru, klik enjadi induk dan diaktifkan.

    • podo karo aku, di sklh kami yg blm S1, lulus semua kami yg S1gigit jari, ada apa ya dng dunia pendidikan kita ini

  7. jenjang pendidikan terakhir banyak yg salah pak mhn dikoreksi,seharusnya S1 tertulis SMA

  8. gimana sih cara cari calon peserta sertifikasi guru 2013 khusus daerah kalbar??

  9. saya,mau bertanya beberapa hal
    1.apakah data yang tercantum diinternet apakah sudah final?
    2.saya gty sejak 2004,sesuai syarat seharusnya saya sudah tercantum tetapi ternyata tidak ada?
    3.saya sudah update data nuptk sebanyak 2X tetapi kok belum juga nama saya tercantum,sedangkan teman saya yang baru wb setelah saya kok sudah ada?
    4.lalu langkah saya harus bagaiman.
    terima kasih…….

  10. kenp koq nama sy tidak termasuk didalam daftar tersebut’a. padahal sy sudah mengabdi 6 tahun dan usia saya sdah 26??????????????????? tolong jawabannya

    • nasib kita sama…. dan hal yg lebih menyakitkan dan menyedihkan adalah guru tmn saya yg mulai ngajar tahun 2007, 2009, masuk verifikasi krn dibuatkan SK 2005 & benar-benar palsu…. tapi bagian adm yg ngurus verifikasi tidak meninjau ke lapangan langsung. sbnrnya kan bisa di lihat waktu pertama kali mereka daftar NUPTK. biasanya mereka mencantumkan data-data yg sebenarnya

  11. mudah mudahan sertifikasi guru dapat meningkatkan kinerja dan semakin cinta dengan pendidikan di indonesia.walaupun pada kenyataannya perlu ditingkatkan secaea bertahap hal ini dikarenakan desa dan kota. apakah sertifikasi untuk pelajaran mulok di SMA TELAH ADA? KARENA SAYA ADALAH GURU MUATAN LOKAL.TKS

  12. pengumnuman lulus dr data diatas kapan y?

  13. tuh aku baca di buku pedoman sertifikasi harus erifikasi online liwat http://www.sergur.kemdiknas.go.id/ap2sg nah untuk login password dan namanya dapat dari mana ya? makasih

  14. maaf sebelumnya.. saya mau bertanya..
    1. didalam daftar nama guru yang belum bersertifikasi pendidik tidak ada nama saya.. apakah sudah terdaftar untuk calon sertifikasi 2013

  15. dmana melihat daftar nama calon yang akan disertifikasi untuk tahun 2013

  16. saya sudah ngajukan nuptk tahun 2010 tapi kok belum keluar ya

  17. saya sudah mengajar sejak dari tahun 1998 tapi nama saya tidak tercantum dalam daftar sertifikasi tahun 2013 mohon kebijaksanaannya terimakasih.

    • SABAR,DATA TERSEBUT BELUM FINAL…

      • maaf untuk entry data hrs dibarengi dengan verifikasi ke lapangan juga spy lebih akurat, tidak ada penyelewengan dan manipulasi data.. efek masalah yg ditimbulkanpun akan diminimalisir.buktinya sy yg masa kerja 9taun ga tercantum sedangkan tmn br 3 taun ada.. semoga bermanfaat.

      • saya setuju masukin datanya hrs di bareng dgn verifikasi kelapangan karena banyak bertebaran SK-SK palsu. ini terjadi di Jakarta

  18. gmn sdn pamatan 3 kec tongas kab probolinggo jatim kebingungan menunggu data calon sertifikasi 2013 gak muncul-muncul

    • Persyaratan Peserta

      Guru yang masih aktif mengajar di sekolah di bawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
      Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari program studi yang terakreditasi atau minimal memiliki izin penyelenggaraan.
      Guru yang diangkat dalam jabatan pengawas dengan ketentuan:
      bagi pengawas satuan pendidikan selain dari guru yang diangkat sebelum berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru (1 Desember 2008), atau
      bagi pengawas selain dari guru yang diangkat setelah berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru harus pernah memiliki pengalaman formal sebagai guru.
      Guru bukan PNS pada sekolah swasta yang memiliki SK sebagai guru tetap dari penyelenggara pendidikan (guru tetap yayasan), sedangkan guru bukan PNS pada sekolah negeri harus memiliki SK pengangkatan sebagai guru dari Bupati/Walikota.
      Sudah menjadi guru pada saat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ditetapkan (30 Desember 2005).
      Pada tanggal 1 Januari 2013 belum memasuki usia 60 tahun.
      Memiliki nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK).
      Guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang BELUM memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV apabila:
      pada 1 Januari 2012 sudah mencapai usia 50 tahun dan mempunyai pengalaman kerja 20 tahun sebagai guru, atau
      mempunyai golongan IV/a atau memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/a (dibuktikan dengan SK kenaikan pangkat).

      atau hub. dinas pendidikan kab/kota

  19. Nama kami disatu sekolah ini belum ada dalam daftar sementara kami sudah berijazah S.1. Gimana caranya supaya terdaftar juga ???

    • Persyaratan Peserta

      Guru yang masih aktif mengajar di sekolah di bawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
      Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari program studi yang terakreditasi atau minimal memiliki izin penyelenggaraan.
      Guru yang diangkat dalam jabatan pengawas dengan ketentuan:
      bagi pengawas satuan pendidikan selain dari guru yang diangkat sebelum berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru (1 Desember 2008), atau
      bagi pengawas selain dari guru yang diangkat setelah berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru harus pernah memiliki pengalaman formal sebagai guru.
      Guru bukan PNS pada sekolah swasta yang memiliki SK sebagai guru tetap dari penyelenggara pendidikan (guru tetap yayasan), sedangkan guru bukan PNS pada sekolah negeri harus memiliki SK pengangkatan sebagai guru dari Bupati/Walikota.
      Sudah menjadi guru pada saat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ditetapkan (30 Desember 2005).
      Pada tanggal 1 Januari 2013 belum memasuki usia 60 tahun.
      Memiliki nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK).
      Guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang BELUM memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV apabila:
      pada 1 Januari 2012 sudah mencapai usia 50 tahun dan mempunyai pengalaman kerja 20 tahun sebagai guru, atau
      mempunyai golongan IV/a atau memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/a (dibuktikan dengan SK kenaikan pangkat).

      atau segera hub. dinas pendidikan kab/kota setempat

  20. Edward sinaga SPd . mohon bantuannya gmana caranya bisa terdaftar calon peserta sertifikasi, saya sudah mengajar 11 thn dan usia saya 32 tahun.mohon bantuanya ya..Thks

    • Persyaratan Peserta

      Guru yang masih aktif mengajar di sekolah di bawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
      Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari program studi yang terakreditasi atau minimal memiliki izin penyelenggaraan.
      Guru yang diangkat dalam jabatan pengawas dengan ketentuan:
      bagi pengawas satuan pendidikan selain dari guru yang diangkat sebelum berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru (1 Desember 2008), atau
      bagi pengawas selain dari guru yang diangkat setelah berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru harus pernah memiliki pengalaman formal sebagai guru.
      Guru bukan PNS pada sekolah swasta yang memiliki SK sebagai guru tetap dari penyelenggara pendidikan (guru tetap yayasan), sedangkan guru bukan PNS pada sekolah negeri harus memiliki SK pengangkatan sebagai guru dari Bupati/Walikota.
      Sudah menjadi guru pada saat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ditetapkan (30 Desember 2005).
      Pada tanggal 1 Januari 2013 belum memasuki usia 60 tahun.
      Memiliki nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK).
      Guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang BELUM memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV apabila:
      pada 1 Januari 2012 sudah mencapai usia 50 tahun dan mempunyai pengalaman kerja 20 tahun sebagai guru, atau
      mempunyai golongan IV/a atau memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/a (dibuktikan dengan SK kenaikan pangkat).

      atau hub. dinas pendidikan kab/kota

  21. kl namanya belum tercantum, pdahl sdh S1 dan PNS gimana?

  22. kl blm tercantum di daftar sergur 2013, bagaimana ?

    • Persyaratan Peserta

      Guru yang masih aktif mengajar di sekolah di bawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
      Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari program studi yang terakreditasi atau minimal memiliki izin penyelenggaraan.
      Guru yang diangkat dalam jabatan pengawas dengan ketentuan:
      bagi pengawas satuan pendidikan selain dari guru yang diangkat sebelum berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru (1 Desember 2008), atau
      bagi pengawas selain dari guru yang diangkat setelah berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru harus pernah memiliki pengalaman formal sebagai guru.
      Guru bukan PNS pada sekolah swasta yang memiliki SK sebagai guru tetap dari penyelenggara pendidikan (guru tetap yayasan), sedangkan guru bukan PNS pada sekolah negeri harus memiliki SK pengangkatan sebagai guru dari Bupati/Walikota.
      Sudah menjadi guru pada saat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ditetapkan (30 Desember 2005).
      Pada tanggal 1 Januari 2013 belum memasuki usia 60 tahun.
      Memiliki nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK).
      Guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang BELUM memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV apabila:
      pada 1 Januari 2012 sudah mencapai usia 50 tahun dan mempunyai pengalaman kerja 20 tahun sebagai guru, atau
      mempunyai golongan IV/a atau memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/a (dibuktikan dengan SK kenaikan pangkat).

      atau hub. dinas pendidikan kab/kota

    • Persyaratan Peserta

      Guru yang masih aktif mengajar di sekolah di bawah binaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
      Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) dari program studi yang terakreditasi atau minimal memiliki izin penyelenggaraan.
      Guru yang diangkat dalam jabatan pengawas dengan ketentuan:
      bagi pengawas satuan pendidikan selain dari guru yang diangkat sebelum berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru (1 Desember 2008), atau
      bagi pengawas selain dari guru yang diangkat setelah berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru harus pernah memiliki pengalaman formal sebagai guru.
      Guru bukan PNS pada sekolah swasta yang memiliki SK sebagai guru tetap dari penyelenggara pendidikan (guru tetap yayasan), sedangkan guru bukan PNS pada sekolah negeri harus memiliki SK pengangkatan sebagai guru dari Bupati/Walikota.
      Sudah menjadi guru pada saat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen ditetapkan (30 Desember 2005).
      Pada tanggal 1 Januari 2013 belum memasuki usia 60 tahun.
      Memiliki nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK).
      Guru dan guru yang diangkat dalam jabatan pengawas satuan pendidikan yang BELUM memiliki kualifikasi akademik S-1/D-IV apabila:
      pada 1 Januari 2012 sudah mencapai usia 50 tahun dan mempunyai pengalaman kerja 20 tahun sebagai guru, atau
      mempunyai golongan IV/a atau memenuhi angka kredit kumulatif setara dengan golongan IV/a (dibuktikan dengan SK kenaikan pangkat).

      atau hub. dinas pendidikan kab/kota

  23. Untuk Provinsi Sumatera Utara Kab.Labuhan Batu Kok gak ada ya datanya???
    Apa memang dari kabupaten itu tidak ada guru yg menjadi peserta sertifikasi thn 2013 ini…???

  24. trimakasih infonya..

  25. Maaf mau nanya…..Apa solusinya bg guru yg tdk lulus sertifikasi th 2012…padahal sudah sering ikut ujian ulang tp tdk lulus jg….mohon jawabannya pak…..

  26. Info ini sgt brmanfaat bg kami yg tgl di pdlaman.tpi nama sy dn tman guru yg lain blm msuk dlm dftr kbupatn Sabu Raijua.prop Nusa tenggara timur. Pdhl kami sdh mengisi frmulir vrefikasi pd bln agusts lalu. Apakh kami yg blm trdftr ini msi px kmsptn untk memasukn data?tlg infox

  27. Info ini sgt brmanfaat bg kami yg tgl di pdlaman.tpi nama sy dn tman guru yg lain blm msuk dlm dftr kbupatn Sabu Raijua.prop Nusa tenggara timur. Tmpt krja,SMA N. 1 SABU BARAT. Pdhl kami sdh mengisi frmulir vrefikasi pd bln agusts lalu. Apakh kami yg blm trdftr ini msi px kmsptn untk memasukn data?tlg infox

  28. bagaimana cara nya mencarii daftar sertiikasi ???

  29. mohon maaf, saya mencari data Guru Yang Lolos Sertifikasi ataupun Data Calon Guru Sertifikasi 2013 kok ga ketemu ya, yg ketemu selalu Data Guru Yang Belum Bersertifikat Pendidik,,,,
    mohon Penjelasannya

  30. knapa y saya belum terdaftar thn 2013 ini sedangkan teman saya yg masa kerjanya 6 tahun sedang saya 7 tahun diatasny kok belum terdaftar y????knapa y pak. mhn beri penjelasan.

  31. kenapa dari kecamatan kubung kab. solok sumatra barat gak ada satu pun yang masuk,,,,,,dan kapan finalnya

  32. Saya PNS yg diangkat jalur umum thn 2009, sedangkan saya pernah honor dr thn 2005 dan ada SK dr Bupati. Bulan Agustus td saya masukkan Pnglaman honor saya dr 2005 di perubahan data pada dinas pendidikan kabupaten. Apakah saya telah memenuhi syarat untuk masuk kuota 2013? Trim’s…

  33. kenapa tidak ada satupun nama guru yang belum sertifikasi dari sekolah saya tidak masuk dalam daftar diatas.,gimana caranya?trim”s

  34. maaf mau namya, kalau nama sdh ada dalm calon peserta sertifikasi guru tp statusanya disitu non pns , skrg kan sdh pns bagaimana cara mengantinya

  35. purworejo kacau bnyk guru senior lum masuk daftar pst 2013, yg muda2, masa kerja dikit malah dah masuk daftar pst 2013, gimana nih PURWOREJO JATENG???????????????????????????????

  36. Syukur Alhamdulillah, nama saya sudah ada. bagaimana jika NIP saya salah ?

  37. nama saya kok blm masuk dalam data calon sergur 2013, ya pak….klu emang datanya blm final, kapan data itu finalnya….

  38. syukur Alhamdulillah,nama saya ada.Tapi untuk data golongan saya salah di tulis IA yang benar II b mohon dikoreksi mksh.

  39. Kalau NIP saya salah, Giamana Pak ?

  40. pak, mengajar di produktif pemesinan, pendidikan sy masih D-3 lama mengajar 3 th-an, tapi nama sy ad di baon peserta sertifikasi 2013, nah apakah sy tetap bisa ikut sertifikasi ? sy terganjal oleh satu persyaratan yakni harus s1/DIV, mohon tanggapannya trims.

  41. hai semua…. nama ku juga lum ada di daftar belum bersertifikat, setelah aku datangi dinas pendidikan… jawabannya adalah: itu belum final, masih dalam perbaikan, tetapi bila sudah final tapi lum ada nama juga maka akan di kirim formulir komfirmasi…. supaya ada perbaikan data pusat, maka harus rajin buka web nya… itu untuk semua status… baik yang baru mengajar atau yang sudah lama, asal sudah punya NUPTK, semoga dapat memberi kelegaan bagi yang bertanya-tanya,,,,

  42. nahhhh, buat temen-temen yang datanya pada salah… nanti ada formulir verifikasi,…. dinas yang mengeluarkan…juga konfirmasi…. nah yang datanya ada salah.. bisa diperbaiki di situ…. trus temen-temen yang lum S1…. kita menunggu kebijakan pemerintah, tapi untuk daftar belum bersertifikat tidak melihat pendidikan… semuanya seharusnya ada dalam daftar…

  43. datanya kok bnyak yg salah ya?????msak lulusan sma bisa ngajar dan golongan IIIB????!!!!

  44. kok ada yang masuk, pendataan padahal TMT di nuptk, baru mulai tahun 2010,, padahal yang TMT di NUPTK 2007,, belum ada pendataan,,,, ?????????????

    • saya juga aneh apa emang yg mengeluarkan verifikasi ini tidak meninjau ulang, apakah itu SK ngajar yg asli atau palsu. padahal NUPTK mereka 2010. ini terjadi di Jakarta

  45. datanya kok salah??? saya yang pengangkatan 2006 dgn masa kerja sekarang 6 tahun lebih, kok di NUPTK baru 4 tahun lebih. Bgmn solusinya ????

  46. Gimana cara cari nama calon sergur prov. NTT

  47. saya butuh buku materi plpg kewarganegaraan, minta tolong dicarikan

  48. Yang sudah tersertifikasi tapi kok masih muncul di daftar Guru belum bersertifikat ya… bagai mana ini (Kab. Kendal Jawa Tengah)

  49. Min, misalnya kita mencari data perorangan dengan cara mengetik NUPTK kan ? . terus disitu keluar data seseorang . kalau sudah begitu, menandakan orang itu sudah masuk atau belum Min .
    Thank’s atas balasannya .

  50. aslkm,maaf pak mau tanya : kmrn sy sdh mengisi blangko sertifikasi trus data yg salah sesuai ketentuan dicoret pake tinta merah kemudian diganti misal sma jd S1,trus apakah sy hrs memperbaiki /melaporkan perubahan data (menyerahkan fotocpy ijazah dll) ke diknas mengingat blangko trsbut tidak melampirkan berkas (ijazah) ? atau apakah nanti akan ada waktunya tersendiri utk melengkapi berkas?mhn infonya ya pak,trims

  51. maaf pak maksud sy blangko verifikasi sertifikasi,sdh diserahkan ke UPTD

  52. gmn nie bos,,,,istri ane terdaftar cln sertfks 2013 tp NIP istri ane kurang…..apa gk ada mslh? meperbaikinya?

  53. met pagi…..lucunya guru yg lama mengajar tak diajukan bea siswa dlm belajar … justru dihambat ….bagi yg deket aja yang diperhatikan…yach…pengennya di alih tugaskan ajja… lha nggak adil koq…….

    • yang bikin adil di indonesia saat ini adalah kalo saudara kita pejabat atau kita punya uang bu.

    • senasib karena mereka di buatkan SK palsu mulai ngajar 2005, padahal mereka sebenarnya baru mulai ngajar tahun 2007, 2008, & 2009….ini terjadi di Jakarta. Benar2 yg mengolah data tidak di verifikasi apakah SK mereka palsu atau SK mereka asli. mereka asal memasukkan datanya saja.

  54. Dari kabupaten labuhan batu kok gag ada sama sekali? Apakah tablet saya yg tidak bisa mengakses atau gimana nih? Saya mau liat nomer mami saya……..

  55. Assalamualikum….
    Pak nama saya tidak masuk dalam sergur 2012 padahal sudah mendaftar…..trimkasih

  56. Untuk peserta sertiikasi guru 2013 ini, masih mengikuti PLPG, atau PPG? terimakasih.

      • pak sebetulnya saya mulai ngajar dari tahun 1990 namun sempat berhenti thn 1994 masuk lagi thn 1997 di sekolah yg lain tetapi masuk kembali ke sekola yg dulu dari thn 2003 sampai sekarang apa pengalaman kerja dari thn 1990 terhitung apa tidak karena sempat istirahat

  57. Ahmad Junaidi Amir; saya sudah mengajar 10 tahun 11 bulan,tapi nama saya tidak masuk data sertifiaksi 2013,apa solusinya pak.?

  58. Nama sy alhamdulillah ada,tp pendidikan terakhir salah seharusnya S1 tertulis SD ,bagaimana cara menggantiny? Tahun 2013 ini diutamakan yg sdh ,mengajar sejak th brp ?

  59. saya sudah gajar dari 2003 dan sudah S1,tp sertifikasi saya keduluan ama yg bru ngajar kemaren sore n S1 nya bareng ma saya, pa buat sertifikasi juga harus pake duit buat pelicin?????????saya cari2 lagi, nama saya kembali tidak terdaftar di calon sergur 2013.

    • Jika Bpk/Ibu punya NUPTK silakan ajukan melalui Dinas Pendidikan masing-masing… semoga tidak jadi ajang “menjual jabatan”. Masing-masing Dinas Kota/Kab punya password masuk ke APSG yang menunya sama dengan sergur.kemdkinas.go.id tsbut, jadi silakan. Semoga Alloh Ta’ala meberi kelancaran dan kemudahan ihtiar kita.

  60. saya dan benerapa teman tidak memiliki nuptk, padahal angkatan di bawah saya sudah masuk ke sergur. bagaimana ini

  61. Jika belum punya NUPTK, urus NUPTK, tapi melalui pendataan DAPODIK yang aplikasinya diberikan ke masing-masing sekolah… semoga NUPTKnya segera turun…

  62. Asslm. Nama yg sdh masuk sertifikasi thn 2013.Kok lom ada. ….Mohon arahannya.

  63. apa saja persaratan ikut sertifikasi disekolah negeri dan bagai mana caranya agar bisa terdaftar/ikut

  64. apa betul daftar calon sergur 2013 kota Bandung dah keluar? yang dah ada itu masih sergur 2012? kami dari salah satu TK swasta masih ada 5 org lagi yang belum sertifikasi padahal kami dah memenuhi semua kriteria baik dari usia, ijazah dan masa kerja di atas 10 tahun. bisa hubungi siapa buat dapat info sergur 2013

  65. blog sekedar numpang lewat lumayan dapet prosentasi
    semuanya kok boong tetep pada situs yg asli

  66. Ass. Gmn pk tmpat tugas sya salah tuh seharusnya sd negri 3 merak batin kec natar kab.lampung selatan bukan sd 2.nuptk.nama .masa kerja umur sudah benar hanya tmpat tugas saja yang salah,. Apkah sudah valid data tsb ,kapn pengumuman data valid dn pling lambat kapan verifikasinya krn tmpt tugas jauh dr kabupaten ,tolong imformasinya. Nama junaidah .ms kerja sudah hmpir 20 thn msi blum masuk smntr tmn2 yg ms krj baru 5 thn ud bisa masuk , dmn letak keadilanya pak,,,apa karn kami tidak makai pelicin baru bisa masuk,,,mohon imformasinya

  67. Ass .maaf seharusnya sdn 3 merak batin kec natar kab,lampung selatan no 2232 ,nuptk ,nama serta smuanya benar tp di situ d tulis sd 2 margodadi kec jati agung kab lamsel. Ralat

  68. ass, mohon maaf kenapa yg tertulis di daftar tersebut ada yg berijasah D2 bahkan SMA, dan itu urutanya hanya berdasarkan umur bukan lama wiyata atau yg lainya, apakah umur dan kualifikasi pendidikan tidak diperhitungkan? padahal setau saya syarat masuk sertifikasi itu berijasah min D4/S1? mohon jawabanya. terimakasih.

  69. Ass,gimana bagi guru yang tidak lulus plpg tahun 2012, apakah mulai dari uka tahun depan atau aqda kebijakan tersendiri bagi mereka

  70. nama saya dalam data sergur 2013 kok belum ada ya,..padahal masa kerja saya sudah 10 th dan saya juga sudah S1. bagaimana caranya ya supaya nama saya bisa terdaftar. trims

  71. pak gimana nasib guru honor masalah sertifikasi….
    coz belum ada sk dari bupati
    sedangkan utk sertifikasi harus ada sk bupati
    apakah bupatik akan membuat kan sk untuk honor yg uda massa kerja na 6 thn ke atas…

  72. cara download datanya,gimana?

  73. aneh ni…dicari di search box nya gak ada, tapi dicari satu per satu di halamannya kok malah ketemu ya? Dan lagi itu di halaman 2000-an…cape deh –a

  74. pak daftar calon peserta sertifikasi sumatra utara kok gak ad????

  75. nama saya ada pada daftar sergur 2013, saya mengajar di sd negeri mulai 2001. ijasah saya sdh s1 tapi belum dapat sk dari bupati. saya masih bisa ikut sergur apa gak? dengar2 di kabupaten saya yg non pns akan diusulkan untuk dihapus. sebenarnya untuk guru non pns di sekolah negeri tu bisa ikut apa gak?? makasih ats infonya

  76. nama saya tahun lalu sudah ada tapi karena umur belum mencukupi jadi belum diklat. Apakah ada batasan umur di setiap tahun?. Tapi ternyata tahun ini masih ada orang yang lebih tua dari saya nama juga masih terdaftar dan teman2 yang sudah 3 tahun lulus sertifikasi namanya juga masih terdaftar. Ada Apa ya ???????????????????.
    sebenarnya sertifikasi guru berdasarkan umur atau masa kerja sih !!!!

  77. mengecewakan…..
    kenapa data yang tampil data peserta yang rata2 telah memiliki sertifikat pendidik. dengan kata lain semua nama teman2 saya yang ada dalam list telah lama lulus dalam sertifikasi ini.
    terus mana nama2 peserta yang baru????
    kenapa nama saya belum ada, padahal saya sudah masuk kriteria untuk ini…
    thanks!!!!!

  78. apakah data sertifikasi 2013 sdh keluar…? bagaimana cara melihat datanya pak…?

  79. tahun berapa yang di infut sertifikasi

  80. tidak adil, tidak adil, tidak adil…..saya sudah 7 tahun mengajar nama saya tidak keluar peserta sergur 2013, kenapa dan megnapa???

    • Senasib bu…. bahkan ada teman saya yang baru ngajar tahun 2009 & sesudah tahun 2005, dia dibuatkan SK palsu dari KepSek Sekolah lain. mereka ikut verifikasi emang benar-benar ga adil. Ini kejadian di Jakarta. Benar2 data administrasinya kalau & amburadul…

  81. sing,sabaaaaaar,saya sendiri dah diupdate dari dinas aja blm juga muncul bhkan konco@ dah validasi data,dah nanya kedinas suruh nggu smpai akir des,klau ttp jga ngx ada tk sipulkan ya bablas nasibe

  82. aduh……………….tmn@ yg SMA masa kerja 2 thn semuanya kepanggil sertifikasi, aq udah s1 masa kerja 9 thn masih nganga juga………..

  83. apa langkah selanjutnya kalo sudah ada nama pada calon sergur 13?

  84. harus bagaimana saya jika sampai hari ini nama saya belum ada di daftar peserta non setifikasi. padahal update data dah saya lalukan.

  85. istri saya masa kerja sudah 8th, tp kok g katut kepanggil sertifikasi, padahal udah S1 apa msh da persyaratan lg untuk dapat kepanggil sertifikasi 2013?……………………………………………………!

  86. ass. pa maaf ni numpang tanya ? kalo SK ny Guru Kelas Tetapi S.1 nya PAI sebaiknya mengikuti Ijazah atau SK, Terimakasih…

  87. Terkesan kacauuu…pemerintah tidak serius mengatasi kebobrokan data2 guru sertifikasi yang palsu…yang baru seumur jagung lolos ada dalam daftar nama sergur.statusnya gtt SD negri setelah 2005 lagi.Sementara mana ada gtt sma n yang tertulis padahal masa kerja sebelum 2005 banyak sekalee..padahal di kab brebes seingatku baik GTT SD,SMP,SMA semuanya belum ada SK bupatinya….
    Kacau juga di sekolah swasta banyak pemalsuan masa kerja apalagi pengunduran ijin pendirian sekolah.Mana keadilan buat guru2 lama yang tidak mampu bermain KKN membuat data fiktif.

    • betul sekali pemerintah tidak serius mengatasi kebobrokan data2 sertifikasi guru yg palsu…ini fakta di sekolah saya mereka pdhl baru mulai ngajar 2007 bahkan ada yg baru ngajar 2009 tapi di bikin SK 2005. Tolong di verifikasi ulang, biar keadilan itu ada dan KKN tidak merajalela. terima kasih.

  88. aslkm….mau tanya klo tempat tugas salah….jenis kelamin salah….revisi k mana…nuwun waslkm

  89. khusus GTT d SD Negeri ko’ tidak bisa mengikuti sertifikasi sedangkan GTY bisa ? apa bedanya kan sama-sama guru dan Ijasah S1, mohon penjelasannya ?

  90. Ass.. Pak apakah data tersebut di atas, sudah data fiks (tidak ada penambahan dan pengurangan)..trimakasih. Wassl

  91. asslmkm..msh sama seperti yang lain nama saya tdk mncul dalam daftar verifikasi data sergur pdh saya sudah PNS dan S1 tanya ke dinas ternyata ada yang jawab kalau nggak sekarang tahun depan?lha peng update an dah sampai berkali-kali bareng2 satu sekolah kenapa tetep aja ada yang ketinggalan?

  92. tolong data-data guru sertifikasi diverifikasi ulang karena banyak data-data SK Palsu, padahal baru ngajar tahun 2009 atau tahun sesudah 2005 dibuat SK tahun 2005. Kalau emang negara ini mau memberantas KKN, mau menciptakan tenaga2 pengajar yg jujur, & yg memverifikasi maupun negara ini tidak mau mendapat Azab dari Allah SWT & mengeluarkan verifikasi biar tidak disebut ADMINISTRASINYA TIDAK TERTIB tolong lihat kembali historis mereka yg telah diverifikasi (tentang mereka sbnrnya mulai ngajar thn berapa di sekolah itu, mungkin bisa jg dilihat dari waktu mendaftarkan NUPTK biasanya mereka mencantumkan data aslinya) . Demi keadilan untuk semuanya & tertib hukum Tolong di verifikasi ulang… TERIMA KASIH BANYAK

  93. Tolong data-data guru sertifikasi diverifikasi ulang karena BANYAK DATA-DATA SK Palsu, padahal baru ngajar tahun 2009, 2007 atau tahun sesudah 2005 dibuat SK tahun 2005. Kalau emang negara ini mau memberantas KKN, mau menciptakan tenaga2 pengajar yg jujur, & yg memverifikasi maupun negara ini tidak mau mendapat Azab dari Allah SWT & DINAS PENDIDIKAN / mengeluarkan verifikasi biar tidak disebut ADMINISTRASINYA TIDAK TERTIB (ABURADUL) tolong lihat kembali historis mereka yg telah diverifikasi (tentang mereka sbnrnya mulai ngajar thn berapa di sekolah itu, mungkin bisa jg dilihat dari waktu mendaftarkan NUPTK biasanya mereka mencantumkan data aslinya), pertanyaan saya apa data-datanya itu tidak di arsipkan???? Demi keadilan untuk semuanya & tertib hukum Tolong di verifikasi ulang… TERIMA KASIH BANYAK Kejadian ini terjadi di JAKARTA

  94. mohon dicek masa kerja saya ada kesalahan. cek di NUPTK 3439761663200023. terima kasih

  95. kapan dimulai sertifikasi 2013

  96. WADUH… COMENNYA KOK BANYAK YANG KECEWA,, ADA APA DENGAN SISTEM PENDATAAN SERTIFIKASI????????????????????????????????????????
    KLU AADC SIH BAGUS.

  97. data saya dah muncul perjanuari ini,blm melakukan verifikasi data,padahal verifikasinya perdesember.la trus gimana langkah selanjutnya.apakah msh bisa ikut verifikasi?

  98. Data saya belum muncul padahal saya sudah punya NUPTK tetapi saya liat data NUPTK terdapat tulisan BELUM REGRISTRASI ULANG saya harus bagaimana padahal sudah 2 kali menguirimkan berkas untuk regristrasi ulang. IBNU JARIR NO NUPTK 6550 7616 6220 0022..terimakasih

  99. saya sudah kirim data bulan Desember,kapan formulir Ao dapat diambil,saya takut ketinggallan lagi, pleasss kasih tahu yach

  100. waktu kita ketik pencarian dan memasukan no uptk terus muncul nama kita.
    dan kita cari di kriteria nama kita juga tercantu di daftar guru belum bersertipikat pendidikan itu berarti kita sdah masuk calon peserta serifikasi yaa..?
    bingunggg nee..
    tolong bales ya kakak kakak..:)

  101. pak data sergur ini sudah baru tah? kok nama saya dan teman saya belum masuk padahal di skala prioritas sertifikasi bagi pemenang juara 1, 2, 3 nasional dapat, saya juara 3 FIG

  102. menurut saya sertifikasi untuk guru itu tidak ada artinya, karena yang saya liat guru yang telah memperoleh sertifikasipun toh cara mengajarnya tidak propesional. kan yang lebih bagus kalau dana yang digunakan untuk membayar guru yang telah di sertifikasi itu di gunakan untuk mengangkat guru honorer menjadi pns, agar di indonesia tidak ada lagi guru yang honor.

  103. sblumnya matur nuwun atas munculnya data saya n teman2,tuk yg blm sabar aja yah….saya dulu juga bolak-balik ke dinas n akirnya muncul juga.

  104. saya ada pertanyaan untuk kandepag provinsi bengkulu, mengapa guru kelas yang mengajar pelajaran AGAMA di sekolah umum/pemda atau guru agama sangat sulit untuk SERTIFIKASI padahal secara administratif ia berada di bawah naungan departemen Agama dan ia telah mengajar lebih dari 20 tahun? apakah karena sudah TUA pak, jadi Jasanya TAK DI HARGAI LAGI PAK?

  105. sangat kecewa namaku g tercantum,entah siapa yang salah kinerja terbilang baik,masa tugas sudah melebihi target,data ini dan itu sudah di ikuti…kuserahkan smua pada Allah siapa yang salah dalam hal ini Allah yang tau…..Semoga masih ada KEJUJURAN…dan KETELITIAN demi KEADILAN yang HAK.

    • sabar bos qt jg senasib, gak dapt sergur gpp yg penting ttp semangat ngajar. ALLAH tau koq apa yang terbaik buat kita. syukuri apa yang ada. hidup ini anugrah. mari lakukan yang vterbaik. Allah pasti kasih yang terbaik bwt kita. gu luck. wassalam……

  106. Cara Ingin Tau Yang Pazti Ikut UKG 2013 Gmna..
    Apa Yang Masuk Dalam Data Ini Pazti Ikut UKG
    Mohon Bantuannya..
    Terima Kasih

  107. Aq tamatan s1 biologi. Tp saat ini aq tugas d sd. Boleh g sih aq ikt sertifikasi?

  108. paulus sugeng budi kastawa ( sugengkastawa@gmail.com) sudah mengajar dari tahun 1995..(18 thn) saya sudah pemberkasan tapi namanya tdk pernah tercantum. mohon bantuan pejabat yg bersangkutan..

  109. aku pun belum dapat sertifikasi, gimana kasih tau ama teman2 lain

  110. kapan yang sudah PLPG tahun 2012 keluar sertifikat ?

  111. mohon di bals …nama saya keluar, tp kta diknas setempat, saya baru mengajar 4 tahun 9 bulan, jdi mreka tidak mau mengeluarkar verifikasi saya, gmn itu mas??apa syaratnya harus ngajar dr thun 2005 mas??br bsa??

  112. fitri di langsa
    saya mohon informasinya….
    saya masukan data 2012 bulan 9 untk mendaftarkan UNPTK, Namun sampai sekarng belum keluar juga nmr UNPTK saya. APakah benar untuk pendaftaran sertifikasi 6 bulan sekali Onliey?

  113. klo dah masuk daftar guru yang belum sertifikasi tahun 2013, trus kapan ngurus AO nya ?…..

  114. untuk guru honor di sekolah negeri bisa ikut sertifiku
    asi. jam ngajar 25 jam per mingg

  115. terima kasih infonya mas,,
    ditunggu kunjungan baliknya ya,

  116. kalau SK 6 tahun 6 bulan apa bisa ikut sertifikasi?

  117. blh gk minta data sertifikasi guru untuk kota sumartra utara ( deli serdang )

  118. pak, bagaimana info tentang guru yang tidak lulus PLPG 2013?

  119. SAYA TIDAK PERCAYA DENGAN YANG NGURUSI SERTIFIKASI GURU 2013,,
    karena banyak sekali nama yang doble. apakah orang yang belum dapat sertifikasi tidak boleh ikut? apa harus makan uang negara dengan mengorbankan sertifikasi ini dengan tumbalnya para guru-guru ..???Indonesia tidak akan maju kalau yang ngurusi PEMBOHONG semua!

  120. Saya guru diangkat 2006 masa kerja saya 9 tahun? Nama saya belum tercantum dalam sergu 2013 ,padahal sy sudah berkali-kali ke dinas kota mengusulkan katanya data di sergu13 belum divalidasi Sementara teman -teman PNS yang baru namanya sudah tercantum bahkan GWB yang ada di lingkungan sekolah saya pun sudah masuk. Ada kesalahan apa gerangan….menurut info karena nuptk saya bermasalah…. Menurut dinas pendidikan datanya sudah dikirimkan ya….gak tahulah itulah birokrasi….dari dulu sampe sekarang tidak ada perubahan

  121. siti di indramayu jawa barat
    waktu bulan januari kemarin saya cek datanya masih ada nama saya tapi sekarang bulan maret datanya hilang.coba cek lewat pencarian tulisanya status data : pengajuan penghapusan , itu maksudnya gmn ya? mohon penjelasanya,thks

  122. ass. pak…apakah guru honorer yang telah memiliki sertifikat pendidik seperti saya ini tidak ada kesempatan mendapatkan tunjangan sertifikasi??????? hanya karena saya honornya di sekolah negeri bukan d swasta atau yayasan.
    apakah hanya mimpi mendapatkanyya???????

  123. […] MAU TAHU INFONYA KLIK SAAAAJA DISINI […]

  124. mohon kiranya agar tunjangan sertifikasi senantiasa dapat dicairkan dengan baik, jangan karena data dapodik yng belum terealisasikan dapat menghambat ini, masalahnya tidak semua wilayah dapat mengakses internet dengan baik, kasian para tenaga honorer di daerah, apalagi jika hanya itu yng merupakan pendapatan mereka. mohon pertimbangan pemerintah yang terkait

  125. apakah tidak ada peluang bagi guru yg sudah disertifikasi dijadikan guru PNS? datanya kan sudah akurat, dibanding yg pendataan kategori-kategori, banyakan SK siluman

  126. MALES LIAT DATA SERTIFIKASI….sakit ati aku…awal nama ada dalam sertifikasi…setelah itu ilang padahal sudah pemberkasan…kemana data ku….ku tanya ke dinas kepengawaian katanya ……….,,,,,,sakit ati aku,tapi ikhlas ajah dech,mgk blum rezeky anak ku.

  127. sya dr kab. manggarai pengangkatan 2006 tapi belum ada nama dalam calon sertifikasi sedangkan yang diangkat 2010 ada nama dan guru nonpns dgn masa kerja 1 thn 5 bulan bisa masuk/ knapa tu bang?

  128. Ass. Pak saya dari SDI Leda Kab. Manggarai Prpv NTT, massa kerja saya 9 thn 6 bln tpi tak ada nama dalam peserta sertifikasi 2013, sdgkan teman sy yg masa kerjanya baru 3 thn dan 2 tahun sudah ada nama,napa smpi begitu pak? apakah nama peserta tersebut sdh final, dan data tersebut diambil dari mana, padahal saya sudah mengisi formulir guru yang belum sertifikasi. Tolong dibalas ya, pak,,,,,,,,,,,,

  129. pak mau tanya…nama/data saya ada di daftar peserta sertifikasi 2013 waktu saya cari dg pencarian perorangan dg masukan nmr nuptk, tp ketika dicari dg cara klik kriteria kenapa tidak ada ya pak?padahal sudah saya cari/lihat satu persatu…dr pihak sekolah saya dpt info kalau bakal ikut sertifikasi th ini…bgmn cara mengecek kebenarannya y pak?terimakasih sebelumnya

    • tlg dilihat mbak jgn2 tulisannya diatas belum diverifikasi datanya. kalau emg betul ada tulisan itu maka siap2 saja mengajukan format tambahan mulai skrg smpe tgl 11 bsok

  130. perkiraan pelaksanaan UKA mei tanggal brp?
    takut berbenturan dg kegiatan sklah

    • saya muahammaad zem, saya sebagai pns yang mengajar di slb rokan hulu *nama saya tidak ada dalam daftar yang belum di sertifikasi padahal saya sudah s1/akta IV dan dinas sudah 12 tahun kok nama saya tidak pada daftar guru yang belum disertifikasi sementara saya sudah merubah data .

  131. saya sulastri pns dkudus yang mengajar tik, nama saya tidak ada dalam daftar yang belum di sertifikasi padahal saya sudah s1/akta IV dan dinas sudah 3 tahun sudah punya nuptk, tgl 15 – 4 – 2013 kemarin mau daftar sudah tutup. saya harus bagaimana?

  132. tahun 2009 saya lulus pns di berastagi(kabupaten karo), sebelumnya saya honor di sma angkasa 2 lanud medan dan nuptk saya keluar dari swasta,setelah saya lulus pns,saya tidak mengajar lagi di swasta, tahun 2010,nama saya terpanggil untuk sertifikasi,dari sekolah angkasa,sementara saya tidak mengajar lagi di sana, sehingga saya batal sertifikasi. Saya laporkan ke dinas pendidikan medan, mereka mengatakan nuptk saya harus dipindahkan ke dinas pendidikan karo. Saya pun memindahkannya, tetapi sampai saat ini di kabupaten karo pun nama saya tidak ada untuk daftar calon peserta sertifikasi, jadi bagaimana?

    • barang kali bu betty terlambat ngurusnya, pada hal untuk sertifikasi 2013 sudah dari jauh hari disiapkan, sabar bu…

  133. Ass.pak, bln januari pas dicek msh ada nama saya tp skrng kok udh nggak ada lagi…kemana dan dimana saya hrs melaporkan pak..

  134. Padahal saya (adventi) 30 jam mengajar pk….trus sy gb 2006 pk .berarti anturan bisa masuk saya kan pk

  135. pak nang, didalam daftar calon sergur kita sudah ada nomor UK nya tapi kok blm ada tertulis dimana tempat ujiannya ya pak. sementara teman yg lain sdh dituliskan tempat pelaksanaan ujiannnya. apakah ada gelombang I dan ke II atau gmana ya pak?

  136. bagaimana cara LPMP memilih yang termasuk dalam daftar peserta sertifikasi,apa dilihat dari NUPTK atau ms kerja,klo ms kerjanya salah bagaimana

  137. tidak memenuhi persyaratan kedua, maksudnya apa sih adm……? dan anda masuk kedalam calon sertifikasi tahun berikutnya, maksudnya apa juga sih……..?

  138. TAHUN KELAHIRAN 1985 KOK GAK ADA??

  139. Saya mencari jadwal plpg, mengapa belum bisa dilihat datanya?

  140. pingin cpns haruz ada uang 200jt…
    Pingin sertifikasi hrz ada uang 50jt…
    Bgi yg gk ada uang gk ada harapan…
    Nyesel bgt kl kyak gni gw sc0l kanjuruan pgsd..

  141. apalah arti serifikasi guru, dari sekian tahap sudah adakah sistem yang mengaveluasi hasil, berhasil atau gagal, kalau dinyatakan berhasil apa yang dilihat dilapangan, ini bukan teori tapi kenyataan yang dituntut. bukan sedikit anggaran yang digunakan untuk ini, yang perlu pembangunan seutuhnya adalah peserta didik, yang perlu dikembangkan bukan potensii guru tapi tapi menggunakan potensi guru yang semuanya sudah punyai potensi, kesadaran harkat dan martabat guru.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 71 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: