2013, Tunjangan Profesi Langsung ke Guru

JAKARTA,- Mulai tahun 2013 uang tunjangan profesi guru akan langsung disalurkan ke rekening guru, tidak lagi melalui pemerintah kota/kabupaten. Kebijakan ini dilakukan karena penyaluran dana lewat pemerintah kota/kabupaten sering kali dananya terlambat diterima guru.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, pemerintah sangat serius menyelesaikan persoalan tunjangan profesi guru yang sering kali uangnya terlambat diterima guru……

”Setelah dilakukan evaluasi secara menyeluruh, pemerintah pengambil kebijakan akan menyalurkan langsung dana itu ke tangan guru,” kata Nuh saat evaluasi program pendidikan 2012 dan rencana tahun 2013 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, pekan lalu, di Jakarta.

”Kami menyadari ini pekerjaan rumah yang sulit. Kami akan kawal dana itu agar benar-benar sampai di tangan guru,” ujar Nuh.

Dari total anggaran fungsi pendidikan sebesar Rp 337 triliun di tahun 2013, pemerintah mengalokasikan Rp 43 triliun untuk tunjangan profesi guru. Besarnya tunjangan profesi guru satu kali gaji pokok guru.

Banyak potongan

Menanggapi hal ini, Ketua Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistiyo berharap, tahun 2013 pembayaran tunjangan profesi guru akan lebih baik.

Dalam soal tunjangan profesi guru, kata Sulistiyo, masalah yang muncul antara lain banyaknya guru yang belum mendapat tunjangan profesi walau sudah lolos sertifikasi. Kalaupun menerima, dana itu sering terlambat hingga enam bulan. Selain terlambat, uang yang diterima guru tak utuh karena dipotong dinas pendidikan daerah dengan berbagai alasan. Kalaupun tidak dipotong, saat pencairan tunjangan profesi, guru diharuskan membeli berbagai perlengkapan pendidikan seperti laptop yang harganya lebih mahal dibandingkan harga pasar.

Sulistiyo juga menyoroti sulitnya guru swasta serta guru honorer mendapat tunjangan profesi. Saat ini dari sekitar 2,9 juta guru di berbagai jenjang pendidikan, sekitar 1,7 juta berstatus guru pegawai negeri sipil (PNS) dan sekitar 1,2 juta guru non-PNS, baik guru swasta, guru bantu, guru honorer, maupun status lainnya.

Dari rencana program pemerintah tahun depan, ujar Sulistiyo, tidak terlihat adanya rencana mengatasi kekurangan guru SD, tenaga administrasi, perpustakaan, dan laboratorium di sekolah. Persoalan tenaga kependidikan ini tidak pernah disentuh pemerintah pusat. ”Meski menjadi urusan daerah, tetap harus ada solusinya ketika daerah tidak menjalankan kewajibannya,” kata Sulistiyo. (LUK)

Sumber : Kompas

About these ads

35 Tanggapan

  1. Asslkmwrwb. Bagus lah kl begitu pak, kita yg mengelola di daerah tidak hrs berhadapan lsg dgn guru yang belum cukup syarat dibayarkan TPG nya, ancaman, hujatan, surat sakti, tekanan keluarga guru yg orang hebat. Bukan tidak mau cepat pak, tp antisipasi gejolak yg mungkin timbul, km hrs ekstra sabar dlm verfikasi berkas. Sekali lagi karena tak ingin melanggar aturan yg telah bapak gariskan. Kan bapak kasih juknis….. teman guru belum semuanya mau memaklumi/tak mau tau aturan yang ada dijuknis….. dan lagi apa warna uangnya kita juga tak tau. Siap berkas diverifikasi lsg uat spm lsg kirim ke DPPKAD , bsk sudah di rekening guru…Kalau tak pakai syarat dan hanya mendelet guru yg sudah pensiun atau mutasi yng ada di SKTP tak akan seribet ini….trims. wassalam.

    • ehm..yag benar pak..ikhlas…?

    • Syukur…smg petugas di daerah sy juga iklas seperti anda…! Tapi kekurangan pembayaran th lalu trus kapan dibayar..? kalau disimpan terus kan berbunga..siapa yg bertanggung jawab(Menghabiskan bunga?) mari kita kawal terus…semoga ke depan lebih baik…ingat bunga dari 10 Trilyun (yg mengendap di daerah) bukanlah jumlah yg kecil ..semoga KPK jeli dan menindak oknum yg korup..!

    • Memang bagus pak TPP dikirim lnsng ke guru tetapi guru yang mana pak, perlu diketahui juga pak dari dulu hingga sekarang guru SD tetap di anak tirikan, guru SMP dan SMA sudah terima TPP guru SD belum buktinya tetangga saya sendiri pak malah katanya suruh buat pernyataan yang Uang TPP nya lebih kecil dari SPJ gaji, yang buat pernyataan di cairkan yang tdk buat dipending tunggu SK TPP keluar lagi, terus yang Uang TPP ny kebesaran itu juga dipending sama seperti yang tidak membuat pernyataan. itu apa gak kasihan pak, operator tdk mau disalahkan. ni saya cerita di daerah saya kab.lampung tengah seperti itu pak .

  2. Tunjangan sertifikasi guru kabupaten ketapang untuk peride oktober -desember baru diterima 2 bulan saja sementara untuk periode januari-maret 2012 juga baru 2 bulan dibayarkan. semoga pembayaran tunjangan sertifikasi langsung ketangan guru membuat sistim birokrasi menjadi lebih baik .

  3. Bagus kebijakan seperti ini karena sudah mengurangi beban kami dinas pendidikan kabupaten/kota menghadapi komplain guru yang tak mau tau aturan juknis dan sebagainya. Akan lebih baik lagi jika verikasi data guru yang berhak dibayar TPG cukup di sekolah masing-masing sehingga segala kesalahan penyaluran menjadi tanggung jawag sekolah dan guru yang bersangkutan.

  4. Di Pemda Kab. Pemalang banyak guru yang tidak mendapatkan tunjangan sertifikasi walapun sudah lolos sertifikasi dan sudah memegang sertifikat alasan dari Dindikpora setempat karena yang bersangkutan mengajarnya bukan satu mapel padahal jam mengajar per minggu 24 jam, mohon penjelasan……………..

  5. bagus tuh, biar lancar !

  6. SETUJU, APAPUN KEBIJAKANNYA YANG PENTING LANCAR DAN MAKIN BAIK.

  7. Sertifikasi kami di Jakarta, 2011 kurang 1 bulan. 2012 malah kurang 2 bulan, padahal sudah pertengahan Januari 2013. Hilang atau ditunda?

  8. setuju pembayaran langsung. pemkab penyaluranya ke guru terlalu ruwet dan berbelit-belit.ok………………………..

  9. pembayaran TP di kab.jember th 2012 masih kurang 2 bulan. gimana pak menteri kok jadi begini.????

  10. maaf yang kerja kantor dinas pendidikan tidak bisa nyunat lagi deh……yang sdh jadi kebiasaannya……

  11. semoga terwujud,, selama ini sangat terganggu dengan pola dibagikan melalui pemerintahan daerah,,, lambat, disunnat dan kurang setiap tahunnya…

  12. Pemerintah sudah berupaya untuk menerima langsung ke rek guru,hal ini merupakan kebijakan yg sngat baik,sehingga tidak menunggu dan menunggu tunjangan berikutnya dari Pemerintah Kota/Kab hanya tinggal guru yg bersangkutan (sertifikat Propesional) untuk lebih meningkatkan mutu Profesionalismenya

  13. setuju untuk tunjangan sertifikasi memang harus langsung ke guru ,,jangan melalui dinas setempat,karna banyak sekali potongan2 yang di bebankan ke guru…

  14. setuju sekali dgn kebijakn pemerintah, biar tdk ada potongan ……….tp jg tetp ada potongan walau lngs ke guru

  15. saya lebih sangat setujuh sekali apabila dana sertifikasi guru dibayarkan melalui gaji tapi janji tinggal janji ibaratkan sebuah lagu

  16. sampai saat ini TPP kab Jember belum dicairkan,,,KENAPA???

  17. Ass apakah saya akan langsung menerima tunjangan sertipikasi.saya sudah menerima sertipikat sertipikasi pada tanggal 4 maret 2013 apakah akan sama dengan guru guru yang sudah menerima cairna.

  18. Langsung saja masukkan ke Rekening Bank Resmi yang sudah berjalan an Guru yang bersangkutan dan tepat waktu sebulan sekali seperti gaji PNS,jangan dirapel.Terimakasih.

  19. Semoga niat baik Pemerintah benar-benar di aplikasikan,jgn hnya gembar gembor alias kabar burung saja.Dan untuk smua Guru kinerja lbh di tingkatkan jgn hnya makn gaji buta.INGAT,GURU ADALAH PEJUANG/ FI SABILILLAH.amiiin…

  20. Saya Mau tanya, apabila kita berpindah sekolah ( Guru Swasta yang sudah sertifikasi) tadinya kita maju sertifikasi dari guru SMK, tp karena jam di SMK tersebut sudah tidak memenuhi harus 24 jam lagi, kemudian si guru ini pindah sekolah ke Unit SMP denganmata pelajaaran yg sama dan masih dalam satu kota, apakah itu berpengaruh ketunjangan Profesinya mohon dijawab, Terimakasih.

  21. Kenyataan sekarang dalam juknis tetap melalui pemerintah kabupaten ini bagaimana ?

  22. Meskipun tidak “full guard” kami (guru) mengerti dan memahami bahwa orang Dinas Kabupaten menginginkan pemberian dari guru yang menerima tunjangan sertifikasi, dengan dalih karena merekalah yang mengajukan berkas, usulan, dan lain sebagainya. Padahal kan dari pekerjaan itulah salah satunya mereka mendapat gaji dari Pemerintah. Sebagai contoh, seorang guru tidak usah meminta honor untuk pemeriksaan ulangan harian, karena itu salah satu pekerjaan yang sudah diperhitungkan dengan gaji yang diterima.

  23. setuju banget langsung ke rek gurux,, drpd minta jatah alih2 potong pajak…

  24. Aparatur pemda dari dulu memang tak becus mengelola keuangan. mudah2an di tahun 2013 guru bisa lebih profesional.

  25. coba di umumkan nama-nama guru yg terima tunjangan kami sampai saat ini belum tahu info kapan dapat nya

  26. alhamdulillah dana sertifikasi untuk triwulan pertama 2013 sudah cair, tetapi nominalnya beda dengan tahun yang kemarin 2012,nominalnya malah berkurang,apa pengurangan itu untuk pajak atau yang lainnya.Tetapi kalau untuk pajak kok lebih dari potongan aturan pajak.
    tetapi saya mengucapakan terima kasih kepada pemerintah yang telah memperhatikan kesejahteraan guru.Harapan semoga tunjangan ini tidak hilang sampai kapanpun.Amiiin.

  27. Dengan berlakunya aturan baru bagi pencairan TPP guru swasta menyambut baik hal ini, namun hingga saat ini Selasa tgl 30 April 2013 kami guru-guru SMK Swasta di Kabupaten Jember belum menerima TPP tahap I 2013. Belum lagi ditambah kekurangan 2 bulan tahun 2012. Mohon penjelasan dari Kemdikbud

  28. emang masih ada tunjangan sertifikasi guru ??? sudah empat bulan ini belum cair juga.. saya kira sudah dihapus

  29. kalau memang masih ada TPP utk guru smk swasta di jember, terus kapan mau cair pak Nuh???…..sudah 7 bulan kami tidak terima TPP mulai bulan nov, des 2012 sampai sekarang belum pernah cair……mana janji manismu pak Mentri yang terhormat……….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 67 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: