Tunjangan Profesi Guru Swasta Cair April 2013

images[[JAKARTA–Mulai tahun ini pencairan tunjangan profesi guru swasta dari anggaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), tidak lagi didekonstrasikan ke Pemerintah Provinsi. Kemendikbud akan langsung mencairkan tunjangan itu ke rekening guru langsung pada April nanti.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendikbud Ainun Naim mengatakan, meskipun sistem pencairan tunjangan profesi ini mengalami perbuhan, pihaknya tetap optimis akan tersalurkan sesua jadwalnya. “Sistem pencairan tunjangan profesi ini adalah guru bekerja dulu selama tiga bulan, baru tunjangannya kita cairkan rapelan,” tandasnya…..

Saat ini Kemendikbud sedang memantangkan data-data penunjang pencairan itu. Mulai dari validasi nomor rekening guru dan sebagainya. Total anggaran Kemendikbud yang dicairkan khusus untuk membayar tunjangan prefesi guru swasta itu adalah Rp 7 triliun.

Kemendikbud terpaksa menarik pencairan tunjangan itu dari pemprov karena selama ini pencairan melalui pemda kacau. Dalam kurun waktu 2011 hingga 2012, Kemendikbud menemukan dana tunjangan profesi guru yang masih tersendat mencapai Rp 10 triliun. Persoalan pelik ini telah mereka laporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ainun menuturkan, pencairan tunjangan profesi yang ditarik ke pusat masih sebatas untuk guru swasta saja. Ketentuan atau sistem pencairan tunjangan profesi untuk guru negeri, masih tetap melalui pemkab atau pemkot. Kemendikbud tidak bisa menarik anggaran itu, karena amanah dari undang-undang otonomi daerah.

Pihak Kemendikbud akan mengadu apakah sistem pencairan tunjangan profesi yang ditangani pemerintah pusat ini lebih baik ketimbang dijalankan pemda. Misalnya jika diambil alih pemerintah pusat, pencairan tunjangan profesi akan tepat waktu dan bebas dari pungutan liar.

Mendikbud Mohammad Nuh sebelumnya mengatakan, pihaknya akan membandingkan perkembangan pencairan tunjangan profesi guru dengan dua sistem itu. “Jika nanti yang dicairkan langsung oleh Kemendikbud ini lebih baik dan lebih lancar, akan jadi pertimbangan perbaikan secara keseluruhan,” tandasnya.

Pembedaan pencairan tunjangan profesi untuk guru swasta dan negeri ini disikapi beragam. Ada pihak yang berpendapat dua sistem ini justru akan memicu ketidakharmonisan guru swasta dan negeri di daerah. Sebab bisa jadi pencairan tunjangan profesi guru swasta akan berjalan jauh lebih baik ketimbang tunjangan untuk guru negeri yang tetap ditangani pemda
Sumber : Jawapos

About these ads

20 Tanggapan

  1. sangat setuju bila pusat yang bayar untuk swasta. sebab sampai saat ini tunjangan profesi untuk guru swasta di kabupaten jember untuk pembayaran tahun2012 masih nunggak 2 bulan belum cair sampai hari ini.

    • Ketidak harmonisan antara swasta dengan negeri tidak perlu ada, toh kita sebagai guru sekaligus pendidik adalah pribadi yang dianggap sudah lebih dewasa, arif sekaligus bijaksana. Su’udzon sudah saatnya diganti dengan husnudzon saja…Toh pemerintah sudah menjelaskan tujuan dibalik kebijakan pengalihan pencairan tersebut…

    • JAnji Sekjen Kemdikbud itu, sampai saat ini masih pepesan kosong. Saya guru SMA Swasta di KAb. Semarang, Jawa TEngah, sampai saat ini masih belum penuh menerima tunjangan. Tahun 2012 masih dua bulan terakhir. Tahun 2013 sampai saat ini belum cair juga. Katanya diambilalih pusat lebih baik. Nyatanya ? Coba cek di lapangan.

  2. Untuk Bapak Kemendikbud….”bagaimana dengan pencairan dana untuk TPP guru bidang studi di jenjang SD khususnya sekolah swasta di kota Surabaya????, karena di tahun 2012 belum menerima sama sekali sampai dengan hari ini”.

  3. siiip mantap pak Kemendikbud.

  4. setuju saja yang pentin lancar

  5. apakah besarannya sama degan tahun2012?

  6. utk guru swasta cair bln april’13,,nah utk guru negrinya kapan,,,?? Apakah bisa cair di bln april atau bln mei/juni,,,seperti th 2012,,,! Trus yg th 2012 kan masih ada 2 bln yg belum cair,,,kapan tuh,,??

  7. Udah Pns dpt sertifikasi lagi..jempol utk pemerinthn sby.
    Coek

  8. syukur ALHAMDULILLAH,jika memang kebijakannya seperti itu.Saya berharap mdh”an TPP slma 2012( 1thn ) yg belum dibayar sampai detik ini,Langsung di rapel bln depan ( Amiin YA ROBBAL A’LAMIIN).Dan smoga ALLOH SWT memudahkan niat pemerintah,atas kebijakan ini.agar dpt brjalan lancar sesuai harapan tmn-tmn smua khususnya Guru swasta.amiin…amiin ( ALLOHU AKBAR)

  9. Alhamdulillah,terimakasih pak kemendikbud.Semoga sistem pencairan tunjangan guru swasta yg langsung dari pusat ke rek guru lancar, konsisten,profesional dan barokah,sehingga tidak ada alasan lagi guru mengajar tidak profesional

  10. Moga aja iyaa..soalnya emg 3 bln terakhir ni blon aja cair..sedihnya baru aja sy dgr kabar bhw pencairan tunjangan sertifikas tidak ada utk th 2013.apa iya..?alasannya krn gada anggaran untuk itu katanya…mohon dicari info yg lbh jelas lg ya..sertifikasi bisa ditunda, tp bagi kami apalagi mengajar di daerah, makan keluarga kami tdk bisa ditunda… terimakasih infonya ya pak.. :)

  11. Alhamdulillah.Mudah2an dana tunjangan guru tsb bisa di ambil ke bank pada awal bulan april ….aaaminn

  12. pak bulan november dan desember 2012 belum dibayar untuk guru swasta gimana tu….and uangnya lari kemana?

  13. Oia maaf kalo soal pungutan liar sih kyknya gakan bisa diilangin.. bisa jd ada pihak yg mengharuskan ato sekedarnya tiap bulan saat pengajuan skmt, bs jadi jg gada yg mengharapkan adanya pemberian uang tiap pengajuan skmt. Kalopun bgtu kan mgk krn udah budaya qt berterimakasih utk itu.kecuali qt sndiri yg stop pungli itu dg tdk memberi pd yg menguruskan krn masing2 dah dpt/ pny gajinya. Klo mau jg ya bgtu.

  14. Kita tunggu saja kebenaran perkataannya. Jika sama saja terlambat yah…. emang sama saja.Lip service terus…Kalau di sekolahku ada potongan untuk kbersmaan bagi guru yang belum srtifikasi.. he..he..

  15. Oya Pak mentri yang baik…. bagaimana sih prosedur inpassing bagi guru swasta. Apakah data sertifikasi itu belum cukup jadi acuan sehingg harus mengusulkan dari awal lagi. Ini banyak keluhn dari guru swasta sulitnya mendapatkan inpassing. Apakah gurun yang sudah sertifikasi tidak langsung mendapat sk inpasing? Birokrasine kok isih ngel temen to….

  16. mohon p menteri untuk kab. jember yang guru swasta blm juga turun sampai saat ini bsgsimsns ini psk

  17. pak katanya guru swasta cair april,kok dari tk tritunggal semarang sdh ngisi pernyataan ,pendataan ,buka rekening saja tdk cukup 1 bank kook blum cair juga ? Sk tppnya juga blm ada ..gimana cara ngurusnya ? Trimakash atas jawabanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 61 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: