Apa Itu JJM, JJM KTSP dan JJM Linier di Dapodik?

Bagi guru atau Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) telah melakukan pengecekan datanya di data pokok pendidikan (Dapodik) pasti sudah tahu JJM. Pengecekan secara online melalui website P2TK Dikdas ini untuk memastikan data guru yang sudah terkirim valid atau masih ada kesalahan. Data diinput dan dikirim sendiri oleh sekolahan (operator) masing-masing melalui Aplikasi Pendataan Pendidikan ke server pusat Dapodik secara online…….

Setelah login ke P2TK Dikdas guru atau PTK akan melihat data-datanya nomor 0 sampai 20. Data inilah yang nantinya akan dijadikan dasar penerbitan SK Tunjangan Profesi (SK TP) atau juga dikenal dengan SK Dirjen. Jika ada data yang fatal (salah) akan berakibat pada penerimaan Tunjangan Profesi. Khususnya data nomor 17 yaitu Kode Bidang Studi Sertifikasi dan nomor 20 yaitu Total Jam Mengajar Sesuai.

Total Jam Mengajar Sesuai atau JJM sesuai terdapat rincian, yaitu;
1. JJM adalah Jumlah Jam Mengajar, data ini berasal dari jumlah jam yang kita masukkan dalam aplikasi pendataan bagian pembagian rombongan belajar.

2. JJM KTSP adalah Jumlah Jam Mengajar kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Jam mengajar dihitung sesuai dengan batasan maksimal kurikulum KTSP.

3. JJM Linier adalah Jam Mengajar yang dibatasi KTSP, yang dihitung sesuai dengan kode sertifikasi yang dimilikinya. (Contoh: Guru Sertifikasi Bidang Studinya Guru Penjas, tetapi mengajar Guru Kelas, itu di P2TK Dikdas tidak dihitung jam mengajarnya atau 0).

Kebanyakan permasalahan terkait JJM Linier yaitu, saat dicek di P2TK JJM Liniernya 0 (nol), itu bisa terjadi karena guru atau PTK yang bersangkutan belum sertifikasi, sehingga data nomor 17 yaitu Kode Bidang Studi Sertifikasi fatal, dan JJM Linier pun juga akan 0 (nol).

Untuk Kepala Sekolah, mendapatkan JJM Linier 18 dari tugas tambahan sebagai sebagai Kepala Sekolah. Agar JJM Liniernya minimal 24 sebagai syarat mendapat Tunjangan Sertifikasi, 6 Jam tambahannya ditambahkan dari mengajar sesuai kode sertifikasinya. Misalnya jika guru kelas, maka tambahan 6 jam itu adalah 2 Jam di kelas IV, V, dan VI yang diisikan di pembagian rombongan belajar pada Aplikasi Pendataan Dapodik.

About these ads

13 Tanggapan

  1. Untuk GTT gimana di Dapodik akan ada keterangan apa jika layak mendapat SK tunjangan fungsionaL,Padahal saya mengajar guru kelas,

  2. saya baru bisa mengakses verifikasi dapodik. Beberapa kesaahan terletak di JJM. linier.Spt KS saya jam tambahan 18 di rincian jam mengajar ada tambahan 6 jam. tetapi di no 20 statusnya invalid. Jika kesalahan ada di no 20 data apa saja sekiranya yang harus di benahi?
    satu teman saya terdapat data invalid di nama NUPTK apa yang harus di benahi di dapodiknya?
    mengapa data sekolah saya tidak muncul di sistem manajemen dapodik?padahal disitu tertera register pengiriman sd yg terbaru?status di register belum di verivikasi dari pengiriman awal sampai dengan yang terakhir krm statusnya sama. Apa yang salah??bgaimana saya bisa mengcopy data dari sistem secara lengkap?? Trimakasih

  3. ada guru saya yang tidak keluar jjm linearnya sedangkan jumlah jam mengajar sesuai dan kode sertifikasi bidang studinya benar ?

    • kenapa saat sy lihat di dapodik,jumlah masa kerja saya ga sesuai pada hal sy mengajar sejak th 1980 berjumlah 33 th.atau kalau dikurangi masa kerja kenaikan pangkat dipotong 3 th,maka masa kerja saya 30 th semua.kalo ditlis 26 th ka berpengaruh dg jumlah gaji saya,jd sedikit kan,Pak tq

      • Masa kerja dan jumlah gaji berdasar di pengisian dapodik : riwayat kenaikan pangkat dan Riwayat gaji berkala. mhn itu di perbaiki dan kirim lagi ke server.

  4. Sertifikasi bidang studi saya sudah benar, jjm linier tetap 0, kesulitannya krn saya mengajar di beberapa kelas dg mapel yang berbeda-beda untuk memenuhi 24 jam mengajar.bgm cara menyiasati agar jjm linier muncul?apakah tmt pangkat gol itu dihitung dari terakhir sk pengangkatan atau sk pertama pengangkatan?krn masa krj saya tercetak 10 th padahal saya sdh bekerja 15 th?

  5. Saya guru SMP, dulu pada saat sertifikasi ikut di SMA sehingga saya dapat kode BIOLOGI(190) kemudian sy mutasi ke SMP awalnya TPP tidak ada masalah…begitu pake DAPODIK datang dech masalah….JJM KTSPnya 0 krn di SMP pelajarannya Biologi tidak ada tapi IPA, sehingga JJM liniernya kosong alias 0…pernah diganti sm operator mapelnya IPA JJM KTSPnya terisi 4,tapi di JJM linier tetap 0, gimana ya………………..solusinya……!!!thanks

  6. Di lembaga kami SDN Gelam ,Kab,Gresik .Jatim ada 1 kepala sekolah 6 Guru kelas 3 Guru bidang Studi termasuk kategori dapat Tunjangan Daerah Khusus sementara yang dapat SK sementara 3 orang yang lain belum keluar setelah kami cek ternyata masih banyak kesalahan dalam pengisiahan di dapodiknya jjmnya o selah itu kami betulkan Menurut data yang diupload ke Pendataan Pendidikan Dasar Tanggal pengiriman terakhir: 02-05-2013 pukul 23:27 Hasilnya Valid semua pertanyaan kami Kapan SK Tunjangan Khusus ,Fungsional nya keluar?

  7. Pak….di lembaga kami, 1 kepala sekolah dan 3 guru kelas..mereka masing-masing memiliki sertifikasi bid.study GURU PENDIDIKAN LUAR BIASA (PLB)..sedangkan untuk pilihan bid.study GURU PENDIDIKAN LUAR BIASA (PLB) di dapodik itu gak ada, yang ada hanya GURU KELAS SDLB,,apa mereka tetap di masukkan di bid.study Guru kelas SDLB ?
    terutama untuk kepala sekolahnya pak ?
    setelah saya cek datanya JJM liniernya itu 0…
    bagaimana solusinya pak ? trims

  8. Gimana caranya untuk ubah JJM yg belum linear tolong dong…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 61 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: