Sekilas Tentang Dapodik & Operator

Tunjangan Profesi akan segera memasuki tahap pencairan, namun sebelum itu setiap PTK harus mengantongi SK TPP 2013 sebagai syarat pencairan tesrsebut. untuk mendapatkan SK TPP data yg dikirim ke Dapodik harus Valid.

Begitu pentingnya pendataan Dapodik hal ini karena seluruh dasar pembuatan SK Tunjangan yang ada berdasarkan Data Aplikasi Pendataan Dapodik, jadi seandainya, PTK tidak termasuk dalam SK berarti belum update data di Aplikasi Pendataan Dapodik, atau ada kesalahan data yang belum sesuai dan tidak lengkap.

Data guru di P2TK Dikdas harus benar dan valid, agar tidak bermasalah dengan penerbitan SK Tunjangan.Jika ada yang salah silahkan edit lagi di sekolah masing-masing.

Beban yang tidak ringan sekarang ada di pundak operator masing masing sekolah, kenapa? karena SK keluar dan tidak keluar tergantung dari Pengiriman data dari sekolah ke Dapodik.

Operator Sekolah adalah ujung tombak kesuksesan Aneka Tunjangan yang ada di lembaga. Dan Kesuksesan seorang Operator tidak akan muncul dengan sendirinya, harus ada dukungan penuh dari pimpinan lembaga dan PTK bersangkutan yang di input datanya.

Jika ada SK TPP tidak keluar atau data di Dapadik belum Valid bukan mutlak kesalahan operator sekolah. Tugas operator hanya menginput data yang berasal dari PTK yg bersertifikasi jika data yg diterima misalnya tidak akurat atau kurang lengkap maka data yg di input ke dapodik otomatis tidak akan valid.

Operator hanya menginput data bukan penentu kebijakan Keluar tidaknya SK TPP guru. Apalagi operator bukan satu satunya yg dikerjakan, mereka mempunyai tugas pokok yaitu mengajar kelas terkadang mereka juga merangkap bendahara BOS.

About these ads

28 Tanggapan

  1. ini bukan komentar tapi pertanyaan, bagaimana dg guru TK? Dapodik ini untuk jenjang apa? karena ini guru TK kok adem ayem saja sementara guru SD sampai SMP pada ribut…

    • Sekilas tentang Dapodik adalah pendataan sekolah, siswa, dan guru yang dilakukan oleh sekolah sendiri dengan menggunakan aplikasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Data yang sudah dientri oleh operator sekolah dikirim ke secara online ke server pusat Dapodik. Sebagai sistem digital (Dapodik) masih perlu penyempurnaan. Banyak proses entri data yang belum sesuai sehingga ditemui data guru di Direktorat P2TK Dikdas menjadi tidak valid.

      Penerbitan SK Tunjangan Profesi melalui Dapodik diawali dengan Direktorat P2TK Dikdas memverifikasi kelayakan calon penerima tunjangan profesi. lulusan tahun 2007 sampai dengan 2011 maupun lulusan tahun 2012. Data yang diverifikasi diantaranya; beban mengajar 24 jam, rasio siswa guru, masa kerja, golongan, dan gaji pokok. Verifikasi dilakukan secara digital melalui Dapodik sebelum SKTP diterbitkan.

      untuk sekarang masih dik das ( Mulai SD- SMP )

      • ok Mas, Thks, berarti u tunjangan TPP guru TK gak keluar bulan April Ya? soalnya sumber dari UPTD kami bilang kalo baik TK maupun SD akan keluar April ini . Atau guru-guru TK tidak harus melengkapi data DAPODIK dulu bisa langsung cair, he he he…

      • TK masih blm masuk dapodik jd pemberkasan /SK TPP masih manual. Soal cairnya TPP sebenarnya dana sdh ada di tingkat kabupaten karena pusat sdh tranfer ke daerah. jadi pasti cair…. ditunggu saja…

  2. mas nanang, yang comment dari teman-teman kok sudah tidak pernah muncul? kenapa yaaaa?

  3. OPERATOR UJUNG TOMBAK YANG TERABAIKAN ….
    Dengan banyaknya sk TPP tidak keluar semata-mata bukan kesalahan operator banyak penyebabnya, antara lain
    1. Banyak guru dan orang yang berkaitan dengan pendidikan yang berpendapat bahwa penggunaan DAPODIK untuk dasar peneribitan SK TTP baru dilaksanakan 2013.
    2. Pihak dinas Kab. dan pimpinan Satmikal yang mengintruksikan Semester 2 jangan di Upload dulu. padahal seharusnya tiap ada perubahan data Data di Dapodik harus segera di Updet.
    3. Banyaknya Guru bila dimintah kelengkapan data kurang menghirauan.
    Bila SK keluar Jasa Operator tak perhatikan
    dan SEKARANG SK ga keluar operator yang disalahkan.

  4. Maaf mas sy mau tany. Mengapa data sy didapodik jika dilht dr internt valif, tp ketika di print g valid. Jm ngajr g kluar, ufah gtu kode nuptk g valid. Gmn penyelesainy mas? Bs diperbaiki g? Mohn jawbny

    • maaf saya ikut komentar bu dwi dan pa nanang,,kebetulan data ptk yang ada di sekolah saya juga sama seperti ibu,hanya 1 orang yang tidak keluar sk nya,dan saya pun sebagai operator kalang kabut tanya sana sini sampai ke dinas kabupaten pun mereka bilang tidak ada masalah karena data sebelumnya dinilai valid. namun setelah saya melakukan perbaikan data dan saya upload lagi, ternyata sekarang yang muncul di verifikasi data ptk adalah nuptk yang tidak valid dan salah pada dapodik, padahal setelah saya cek lagi nuptk nya sudah sesuai, dan lagi jumlah jam linier dan jumlah jam mengajar yang pada data awal sudah dinilai valid malah jadi kosong. saya jadi bingung pa…apalagi yang harus saya lakukan? mohon pencerahannya pa nanang karena ini benar benar mengganggu konsentrasi saya setiap waktu. Terimakasih….

  5. gimana dgn data saya nama dan nip pada NUPTK kurang sesuai dgn yg sebenarx. SYAMSULRIZAL pada (NUPTK) yg benar SYAMSURIZAL dan NIP 19791105200903 1 016 pada (NUPTK) yg benar 19791105200903 1 006. akibatx data dapodik sy tdk pernah valid sampai sekarang. sdh berkali-kali sy kirim,kebutulan sy operator sekolah, tp tdk pernah valid.jjm 0, status nuptk tdk valid,dll……gimana solusixni ?

  6. Di sk sertipikasi saya tertulis tempat mengajar smp negeri 3 Pematang Siantar.seharusnya kabupatennya kodia Pematang Siantar,namun terulis kabupaten simalungun.memang saya mutasi dari simalungun. Apakah itu kesalahan ? Kalau itu kesalahan bagaimana memperbaiki .mengingat sk dikeluarkan dirjen.

  7. Di data PTK saya tertulis telah memenuhi syarat untuk menerima tunjangan TPP, tapi mengapa sampai sekarang Sk TPP saya belum terbit, saya mengajar di SD Muhammadiyah 11 Surabaya

  8. [...] Sekilas Tentang Dapodik & Operator [...]

  9. bagaima cara memperbaiki data saya yang kurang valid spt ini terutama poin status unptk tdk valid trimmmmms
    Info Data PTK
    Menurut data yang diupload ke Pendataan Pendidikan Dasar Tanggal pengiriman terakhir: 26-01-2013 pukul 22:23
    Field Data Status Keterangan
    0 – Nama Abdul Hamid Info
    1 – Nip 198104082008011013 Info
    2 – Nama Kabupaten Kota Kabupaten Situbondo Info
    3 – Nama Propinsi Jawa Timur Info
    4 – Ijazah Terakhir Id D4/S1 OK Data ijazah valid
    5 – Nuptk 2740759661200012 OK Warning: Kode NUPTK salah input di dapodik.
    6 – Tgl Lahir 8 April 1981 OK Tgl lahir dinilai valid
    7 – Nama Status Kepegawaian PNS OK Status kepegawaian dinilai valid
    8 – Nama Pangkat Golongan 2B – Pengatur Muda Tingkat I OK Pangkat/Golongan dinilai valid
    9 – Tmt Pangkat Gol 1 Oktober 2011 OK Tgl TMT Pangkat dinilai valid
    10 – Nama Tugas Tambahan Info Tugas tambahan kosong
    11 – Masa Kerja Tahun 5 OK Masa kerja ada
    12 – Sedang Kuliah Tidak sedang kuliah Warning Data sedang kuliah kosong
    13 – Bertugas Di Wilayah Khusus Tidak di wilayah khusus Warning Data bertugas di wilayah khusus kosong
    14 – Email abdhamid8133@yahoo.co.id OK Alamat email dinilai valid
    15 – Gaji Pokok Rp 1.822.900 Info Info
    16 – Status 1 OK Status ptk di sekolah tsb aktif.
    18 – Tahun Pensiun 2042 OK Tahun pensiun belum terlewati.
    19 – Status Kepegawaian Id PNS OK Status kepegawaian (PNS) memenuhi syarat
    20 – Total Jam Mengajar Sesuai 0 Blm Sesuai JJM Sesuai kosong, data mengajar linear belum terisi
    Rincian Jam Mengajar
    Mata Pelajaran Tahun/Smt JJM JJM KTSP JJM Linier Sekolah Normal
    Jumlah - 0 0 0
    Status NUPTK
    NUPTK 2740759661200012 Tidak valid
    Atas Nama ABD. HAMID Tidak valid
    Tempat Tugas Terbit NUPTK SD N 1 Juglangan Tidak valid
    NUPTK Valid Tidak valid Tidak valid

    • Coba data dikirim lagi ke server : NUPTK anda sudah benar 2740759661200012 , SDN 1 Juglangan kec. Panji. lengkapi nama anda Abdul Hamid bukan Abd. Hamid.

    • di betulkan dulu pada data dapodik, setelah benar lalu di sinkron… dan tunggu sampai hasilnya berubah… semoga sukses. (pengalaman operator )

  10. ptk sudah beres, belum sk juga. bagaimana ini?

  11. Kepala sekolah saya belum sertifikasi untuk mendapatkan tunjanga fungsional bagaimana rincian JJM agar valid? Moon penjelasannya….

  12. berapa jam pengisian di rombel 4,5,6
    misalnya di kelas 4
    guru kelasnya berapa jam
    guru agamanya berapa jam
    guru pjok nya berapa jam
    dan kepala sekolahnya berapa jam mohong pak penjelasannya

    • Tingkat 4-6 = 32 + 4 Jam (36 Jam)

      Guru kelas : 25 jam
      Guru Agama : 3 Jam
      Guru Penjas : 4 Jam
      KS ( Pkn) : 2 Jam
      B.Inggris : 2 Jam
      ==========================
      total 36 jam

  13. saya menhgejar di derah wilayah khusus dengan jumlah jam mengajar 4 jam untuk mapel ipa terpadu dengan jumlah rombel 3 . setau sy, untuk derah wilayah khusus minimal 6 jam supaya ekuivalen dengan 24 jam mengajar. karena sy hanya bertugas 4 jam krn guru lain yang dapat 8 jam………. bagaimana kah yg harus sy lakukan untuk menambah jam menjadi minimal 6 karena untuk sekolah ku tdk valid jika ada wakil kepala sekolah ataupun kepala laboratorium

  14. operator kerja 24 jam mati-matian,begitu dana keluar operator diabaikan

  15. Tunjangan, …Tunjangan, …. Tunjangan…..
    Operatornya sibuk ngentri data PTK untuk dapat tunjangan.
    Kalau gak keluar Operator di cari untuk memperbaiki data yang di entri.
    Udah cari lain ceritanya, …. operator tinggal operator…
    Kapan giliran Operator ???

    • kabarnya sih ada tunjangan operator…..kalo di tingkat SLTP sdh berjalan, di ambilkan dari BOS ternyata boleh. tp kalo untuk SD belum. sabar…………………….!!!!!!!!!!!!!!!

  16. BERAPA GAJI POKOK OPRATOR SEKOLAH SD

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 64 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: