PGRI Desak APBNP untuk Subsidi Gaji Guru Honorer

imagesuuJAKARTA – Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB-PGRI) Sulistyo meminta sebagian alokasi anggaran pendidikan dalam APBN-P dapat digunakan untuk mensubsidi penghasilan guru honorer. Karena dari catatan PGRI, banyak guru non PNS yang menerima gaji tak wajar.

Dalam APBN Perubahan 2013, PGRI berharap anggaran bidang pendidikan diberikan untuk mensubsidi penghasilan guru non PNS, karena guru honorer/swasta banyak yang peroleh penghasilan sangat tidak wajar,” kata Sulistyo dikonfirmasi JPNN.COM, Selasa (28/5).

Sulistyo mengatakan, ketidaklayakan penghasilan guru non PNS ini sudah seringkali disampaikan PGRI kepada pemerintah. Namun sampai saat ini kementerian pendidikan dan kebudayaan belum memberikan respon positif…….

“Ini pelecehan, karena ada guru dapat penghasilan Rp 200 ribu, guru TK dapat Rp 80 ribu, Rp 100 ribu. Kalau alasannya guru honor diangkat tidak sesuai aturan, salahnya tidak buat aturan. Kenapa banyak terima honorer karena memang sekolah kekurangan guru,” ujarnya.

Apabila Kemdikbud mau jujur, tegas Sulistyo, masih ada di satu sekolah yang guru PNS-nya hanya satu orang, selebihnya merupakan honorer. Karena itu PB PGRI meminta penghasilan guru honorer ini bisa masuk dalam APBN-P 2013 yang berdasarkan informasi harus dituntaskan pembahasannya Juli mendatang.

“Kalau masuk APBNP, maka bisa dibayar per Januari 2014 walaupun dirapel. Minimal Rp 500 ribu saja untuk satu orang guru, dikali 1 juta guru, anggarannya hanya Rp 6 triliun. Mengapa hanya, karena anggaran pendidikan itu besar. Kenapa 1 juta guru, karena kementerian gak punya data. Yang tahu data guru di Indoensia hanya malaikat saja,” tegasnya.

Dia juga mengingatkan agar dana pendidikan di APBN-P mestinya digunakan untuk peningkatan mutu guru. Sehingga pemerintah tidak hanya teriak-teriak soal meningkatkan mutu guru, tapi pelatihan guru tidak dijalankan. Kalaupun pemerintah menjanjikan pelatihan guru untuk kurikulum 2013, Sulistyo menilai itu hanya akal-akalan saja.

Sumber : Jawapos

About these ads

6 Tanggapan

  1. bener tu pak, saya juga guru honorer swasta gaji saya satu bulan 100 rb saya sudah berkeluarga pak

    • setuju pak,kami guru honor gaji nya kurang pantas dengan kehidupan sehari-hari,ap lagi kami guru honor khusus nya di rasau jaya kab.kubu raya yang sudah lama mengabdi kurang di perhatikan oleh dinas kecamatan atau kabupaten,sedangkan guru honor yang baru banyak di perhatikan bahkan mereka bnyak dapt tunjangan guru honor dan bhkan bnyak di angkat menjadi pegawai negeri,kenapa harus sperti itu pak,ini kesalahan siapa

  2. sangat setuju pak, apa yang dirasakan Guru Honorer mungkin semua sama, kurang layaknya gaji yang diperoleh, YANG BERKISAR antara 100-300Rb. padahal kerja guru Honorer sangat maksimal, sy berharap Pemerintah memperhatikan dengan sungguh-sungguh nasib gaji guru honorer.

  3. Kami sangat … setuju pak tiyo, guru honor gajinya harus sesuai dgn standar minimal kebutuhan hidup , lalu menyangkut honor yg masuk k2 bkn, kami tdk tahu apa maksud pemerintah ?? Pd PP no 43 th 2005 psl 10 : test hanya sebagai tindak lanjut pembinaan, tp skrg hrs lulus passing great , apa guru yg lulus tkd terus mahir mengajar ? kami berharap pengabdian 13 th lebih dgn gaji minim, dan umur yg hampir pensiun tp harapan PNS sepertinya antara ya/tdk sungguh diskriminatif ,hanya aturan dan aturan tanpa melihat azas kemanusiaan ,trims

  4. ya setuju

  5. setuju terutama guru honorer yang jadi operator SD, bayarannya dikit kerjanya banyak.supaya Bapak memperhatikan nasib kami.mksh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 69 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: