2012, Pendidikan Profesi Guru Diikuti 2.600 Calon

JAKARTA, – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, pendidikan profesi guru (PPG) tahun ini akan diikuti oleh sekitar 2.600 calon guru. Para kandidat umumnya mahasiswa semester akhir dari berbagai bidang ilmu.

Nuh mengatakan, PPG merupakan cara bagi seluruh sarjana di Indonesia untuk menjadi guru. Dalam pendidikan ini, para calon guru akan ditempa selama kurang lebih satu tahun….

Setiap sarjana itu boleh menjadi guru, tapi dia harus mengikuti PPG yang lebih mengedepankan aspek pedagogik, aspek sosial dan kepribadiannya,” kata Nuh, di gedung Kemendikbud, Jakarta, Senin (27/8/2012).

PPG sendiri masih bersifat rintisan yang diklaim bisa menjamin kompetensi guru ke depannya. Perekrutannya disusun dengan khusus. Setelah para kandidat dinyatakan lolos prasyarat akademik, mereka ditempatkan di asrama untuk mengasah kompetensi sosial dan kepribadiannya.

“Kita juga berikan beasiswa sampai mereka mendapatkan sertifikasi. Sehingga saat lulus nanti bukan hanya bergelar Sarjana Pendidikan (SPd), tapi benar-benar sudah jadi seorang guru. Karena SPd belum boleh mengajar kalau belum lulus PPG,” tandasnya.

PPG menjadi salah satu jalan keluar yang diformulasikan oleh Kemendikbud untuk mengatasi kekurangan guru sekaligus menjamin kompetensi guru tersebut. Ke depan, jumlah calon guru yang akan mengikuti PPG akan ditingkatkan menjadi sekitar 5.000 orang.

KOMPAS

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 76 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: