Buku Pelajaran SD Paling Banyak Berubah

JAKARTA,- Perubahan kurikulum yang akan diberlakukan pada Juni 2013 nanti tentu berhubungan dengan buku-buku pelajaran yang digunakan oleh para peserta didik. Terkait masalah ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyiapkan berbagai model buku bagi siswa.

Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemdikbud, Diah Harianti, mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan berbagai model buku untuk keperluan kurikulum 2013 ini. Di antara semua jenjang, buku sekolah untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) yang mengalami perubahan besar…..

“Untuk SD memang berbeda dan disesuaikan dengan sistem pembelajaran yang tematik. Kami siapkan buku per tema untuk tiap kelas,” kata Diah kepada Kompas.com, Jumat (16/11/2012).

Ia menjelaskan bahwa untuk masing-masing kelas akan disediakan banyak tema. Umumnya tiap tingkatan kelas memiliki delapan tema berbeda yang harus selesai diajarkan dalam jangka waktu satu tahun. Namun untuk teknis pengajaran maupun durasi pembelajaran satu tema tergantung pada guru nantinya.

“Tiap kelas dari satu sampai enam disiapkan masing-masing delapan tema yang harus diajarkan,” jelas Diah.

Seperti diketahui, Kemdikbud mengusulkan sistem pembelajaran untuk tingkat SD dilakukan dengan pendekatan berbasis tematik integratif. Satu tema yang diangkat oleh guru dapat diintegrasikan pada enam mata pelajaran wajib yang ditentukan yaitu Agama, PPKn, Matematika, bahasa Indonesia, Seni Budaya dan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.

KOMPAS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: