Pertanyaan Seputar Dapodik

Pertanyaan-Pertanyaan Seputar Dapodik :

Pertanyaan: “Kenapa Data “Total JJM Sesuai” saya tidak sama dengan yang diinput via Dapodik ??”

Jawaban: Berikut penjelasannya:
(1) Data JJM ada 3 jenis JJM (inputan sekolah), JJM KTSP (JJM terinput dgn batasan maksimal KTSP), dan JJM Sesuai/Linier (JJM yg dibatasi KTSP, yang sesuai dengan sertifikasinya)
(3) Contoh perhitungan: Jika seorang Guru mengajar pelajaran Guru Kelas SD (kelas 1) diinput mengajar 30 jam, menurut KTSP 26 jam. Maka JJMnya dianggap 26 jam, jika sertifikasinya Guru SD. Jika belum sertifikasi atau sertifikasinya selain Guru Kelas SD, maka JJM liniernya dianggap 0.

Pertanyaan: “Tolong update data saya, berikut filenya (word/excel/backup aplikasi dapodik).”

Jawaban: Mohon update data anda langsung melalui Aplikasi Dapodik. Hubungi Kepala Sekolah/ Operator Dapodik / KK Datadik Kab/Kota anda. Jika data telah dikirim, tunggu beberapa waktu sampai proses transfer data selesai. Jika pengiriman data dari aplikasi dapodik berhasil, data di web akan berubah dalam beberapa waktu sebagaimana telah terjadi pada guru2 lainnya. Akan percuma jika kami update data anda di sistem kami karena nanti akan tertimpa lagi oleh data dari dapodik.

Pertanyaan: “Saya sudah input data kode sertifikasi, mengapa masih invalid di nomer 17 ?”

Jawaban: Sesuai kebijakan, data sertifikasi kami ambil dari basis data Kelulusan Sertifikasi yang diterbitkan Pusbangprodik BPSDMP & PMP. Kode bidang studi yang ditampilkan diambil dari Nomor Peserta Kelulusan Sertifikasi (digit ke 7, 8 , 9). Kode invalid dapat terjadi jika : 1) Pengisian Kode NUPTK di Dapodik belum benar. 2) Ada kesalahan NUPTK atau Nomor Peserta di data Kelulusan Solusinya adalah memperbaiki NUPTK di data Dapodik, atau memperbaiki Data Kelulusan melalui operator Aplikasi Tunjangan P2TK Dikdas di Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat.

Pertanyaan: “Saya tidak bisa login katanya salah password”

Jawaban: Isi password dengan format YYYYMMDD, contoh: jika tgl lahir anda 12 April 1963 passwordnya: 19630312. Jika masih salah, berarti data tgl lahir anda salah input di dapodik ada yang terbalik misal tgl diatas menjadi 19631203 atau masih kosong dsb. Silakan cek ke operator dapodik bapak/ibu.

Pertanyaan: “Saya tidak bisa login katanya NUPTK tidak ditemukan”

Jawaban: Data dgn NUPTK tsb belum kemungkinan masuk database, atau salah input. Mohon update data anda melalui Aplikasi Dapodik. Hubungi kepala sekolah/ operator aplikasi dapodik / KK Datadik Kab/Kota anda. Jika data telah dikirim, tunggu beberapa waktu sampai proses transfer data selesai. Jika pengiriman data dari aplikasi dapodik berhasil, data anda akan dapat login dengan sendirinya.

Pertanyaan: “Jumlah Jam mengajar saya kosong terus/salah”

Jawaban: Data mengajar ada di modul rombel di Aplikasi Pendataan. Mohon update data tsb. Khusus untuk kepala sekolah, diambil data jam tugas tambahan dari jabatan PTK di kolom jabatan. Untuk jabatan lainnya sementara ini kami ambil dari daftar PTK Terdaftar, yang muncul pada saat penambahan PTK di kolom tugas ptk.

Pertanyaan: “Saya sudah update data via dapodik tapi belum masuk2 di cek guru”

Jawaban: Ada beberapa server & proses yang dilalui oleh data sebelum masuk database PTK. Jika data telah dikirim, mohon tunggu beberapa waktu sampai proses transfer data selesai. Jika pengiriman data dari aplikasi dapodik berhasil, data di web akan berubah dalam beberapa waktu sebagaimana telah terjadi pada guru2 lainnya.

Sumber : Pendataan Dikdas Kemdikbud Jakarta

8 Tanggapan

  1. Mengapa tahun pensiun kepala sekolah saya menjadi berbeda padahal menurut tahun pengangkatan seharusnya bulan pebruari tahun 2014 tetapi di dapodik bulan pebruari tahun 2015.

  2. Bagaimana caranya memperbaiki jumlah jam mengajar di semester I.

  3. Mengapa status kepegawaian GTT/PTT menjadi tidak valid di dapodik. padahal saya sudah menginput dengan benar.

  4. JJM sudah sya betulkan setelah saya cek masih tetap, bagian mana yg perlu saya betulkan. pd tugas tambahan KS 18 Riwayat mengajar sdh terisi 6 tetapi masih belm valid

  5. Mengapa server dikdas selalu eror…, maka kami yang pingin ngecek.. NUPTK selalu tidak bisa..

  6. sudah bkrim ke server. ada jawaban masih ada yang invalid…dimana ya yang invalidnya itu..susah carinya

  7. Mengapa sy mencb mask sell g bs. Data g invalid. Kode nuptk tdk valid. Trs cr memperbaikiny gmn? Semntr operator sklh g ad respon sm skali! Dimana sehrsny sy memperbaikiny?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: