Guru: Tunjangan Profesi tak Cair, Kemdikbud jadi Contoh Buruk

JAKARTA – Macetnya pembayaran tunjangan profesi pendidik (TPP) atau yang dikenal dengan tunjangan profesi guru untuk non PNS sangat menyiksa para guru. Apalagi, kendala pencairan justru terjadi setelah pencairannya ditangani langsung oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan……..

Dede Permana, seorang guru di Cirebon mengatakan, tahun sebelumnya saat TPP guru non PNS di dekonsentrasikan pembayarannya ke daerah, tidak terjadi kemacetan.

“Yang belum cair untuk guru dikmen SMA/SMK. Tahun lalu justru lancar. Dengan ditariknya dana ini ke pusat. Seharusnya bisa beri contoh yang baik dan cepat pembayarannya. Ini justru terlambat, akibatnya menjadi contoh buruk,” kata Dede dikonfirmasi JPNN, Jumat (10/5).

Menurut Dede Permana, masih ada kendala dalam pencairan TPP Guru Dikmen, karena untuk guru non PNS di pendidikan dasar semuanya sudah cair kecuali yang masih bermasalah dengan data pokok pendidik (dapodik).

“Untuk Dikmen, saya sendiri sampai tadi malam ngecek belum masuk. Padahal tunjangan ini kan sangat diharapkan guru,” ujarnya.

Diketahui, guru non PNS menerima TPP beragam. Bagi guru yang sudah penggolongan (inpassing) seperti IIIa, IIIb dan IIIc akan menerima tunjangan di atas Rp2 juta setiap bulan dengan akumulasi pembayaran per tri bulan.

Sementara guru-guru yang belum penggolongan menerima tunjangana dipukul rata Rp1,5 juta setiap bulan. Tahun-tahun sebelumnya, tunjangan ini dibayarkan melalui rekening daerah dan tidak terjadi kemacetan.

“Nah masalahnya juga masih banyak guru-guru dikmen yang belum menerima SK penggolongan, padahal sudah diajukan sejak lama validasinya,” ungkap Dede Permana.

Sumber Jawapos

About these ads

3 Tanggapan

  1. SKTP saya blum keluar padahal data PTK sy sudah VALID…apa masalahnya ???tolong segera diproses dong…

    • Kalau dapodik sudah valid tapi SKTP-nya belum muncul juga, ada baiknya lakukan langkah-langkah sebagai berikut :
      1. cek ke op tunjangan profesi kab/kota, minta sama mereka lihat keadaan data ptk tersebut di sim tunjangan profesi (data pra sk terbaru).
      2. Data PTK sudah valid dan memenuhi syarat, kalau tidak diajukan pengajuan sk-nya oleh op sim tunjangan profesi, maka tetap SKTPP-nya tidak akan keluar, sebab salah satu syarat terbitnya SKTPP adalah data-data yg sudah memenuhi syarat dan sesuai peraturan yg berlaku di usulkan oleh op sim tunjangan profesi kab/kota,
      3. Kalau sudah diajukan oleh op tunjangan profesi kab/kota-nya, maka data SK PTK yang bersangkutan akan muncul di menu SIAP SK, artinya data yg memenuhi syarat yg diajukan oleh op sim tunjangan profesi tersebut siap untuk diterbitkan SKTPP nya oleh admin p2tk Dikdas.

  2. balas donk…jangan slalu bilang nunggu dr jakarta sj..berrikan solusi yg terbaik,sampai bulan mei kok gak cair2..trus kpn????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 61 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: