Tahun Depan, UN SD Resmi Tiada

ukg sdJakarta – Mulai tahun ajaran 2013/2014, Ujian Nasional (UN) Sekolah Dasar (SD) resmi ditiadakan. Hal ini diperkuat dengan Peraturan Pemerintah (PP) No 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas PP No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang ditandatangani Presiden Republik Indonesia pada pekan lalu.

Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ibrahim Bafadal, mengatakan bahwa meski UN ini ditiadakan bukan berarti anak-anak yang duduk di bangku SD ini tidak ada alat evaluasi untuk ke jenjang sebelumnya…….

“Benar ada PP tersebut. Tapi bukan berarti UN hilang lalu tidak ada ujian sama sekali bukan seperti itu,” kata Ibrahim, Rabu (15/5/2013).

Dengan demikian, mulai tahun depan anak-anak SD tidak lagi akan direpotkan dengan UN. Namun untuk UN jenjang SMP dan SMA tetap akan ada seperti biasa. Penghapusan ini ada kaitannya dengan program wajib belajar 9 tahun dan kurikulum 2013 yang akan segera diterapkan pertengahan Juli ini.

Kendati demikian, Ibrahim menjelaskan bahwa format evaluasinya nanti bisa dikerjakan oleh daerah. Yang pasti penghapusan UN ini tidak akan menghilangkan sistem evaluasi pada jenjang pendidikan dasar ini. Pasalnya, dalam tiap jenjang pendidikan memang harus ada sistem evaluasi.

Sumber : beritajatim

6 Tanggapan

  1. mungkin dg ditiadakan un pend terutama sd akan lebih bermutu karna msng2 gak mengejar semu

  2. karna mengejar gengsi hasil un guru berusaha dg berbagai cara agar hasil un anak ddknya baik. semoga dg dihapus un mutu pend akan lebih baik

  3. Penilaian yang dilakukan secara Nasional, akan membuat pengambl kebijkn daerah menggunakan berbagai kebijakan untuk tunjukan bahwa mereka bisa secara kuantitas dalam hal % kelulusan, tetapi kwalitas…..? Berikan kewenangan pada daerah, tentu persaingan antar sekolah akan terjadi.
    Untuk SMP dan SMA 40%NS dan 60%NUN, sebaiknya dibalik, akan lebih membantu anak, atau minimum 50:50.

  4. alhmdlh bnget. Mdh2n sistem pddkan kita ke dpan akan lbh baik lg.

  5. Pelaksanaan UN tingkat SD selama ini pada dasarnya hanya formalitas saja, kalau di hapus saya sangat setuju

  6. Pada dasarnya, Pelaksanaan UN bila ditinjau secara Nasional, sangatlah baik. Namun… ada benarnya pendapat teman-teman dari atas bahwa UN di tingkat SD hanyalah formalitas saja. Ada banyak sekolah yang berusaha semaksimal mungkin untuk berusaha supaya anak muridnya lulus secara kuantitas (100 %), akan tetapi bila dilihat dari Kualitas yang dimiliki oelh peserta UN, bisa-bisa persentasenya terbalik menjadi -100%.
    Menurut saya, untuk mewujudkan tujuan UN yakni : melihat kualitas peserta didik atau Kompetensi setiap peserta didik, maka yang perlu dilakukan adalah pembelajaran yang efektif yang dapat melahirkan siswa-siswi yang berkompeten. Hal ini tentunya tidak terlepas dari peranan seorang guru/ pendidik.
    Nah… sekarang, dengan cara apa seorang guru/pendidik menjadi GURU/PENDIDIK YANG PROFESIONAL….?
    Ayo…para Pahlawan tanpa tanda jasa..jadilah Idola bagi Siswa/i kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: