Pengumuman Hasil Tes CPNS Berpotensi Kisruh,Pemda Takut Kantor Dibakar Pelamar yang Gagal

JAKARTA–Setelah sempat menolak, akhirnya pejabat dari 34 pemprov kompak membawa pulang hasil tes kompetensi dasar (TKD) seleksi CPNS ke daerah, yang diterima dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Kamis (19/12).

Hanya saja, mereka tetap ogah mengumumkan hasil TKD itu. Mereka mendesak pusatlah yang harus mengumumkan.

“Kami mau membawa hasil TKD-nya ke daerah karena ini sudah ditunggu-tunggu. Tapi ini akan kami simpan dan kami tunggu pusat umumkan duluan,” kata Robertus Isdius, Kepala BKD Kalbar usai penyerahan soft copy hasil TKD di Kantor KemenPAN-RB.

Dia berharap, pengumuman itu dilaksanakan paling lambat 23 Desember 2013 dan diumumkan lewat website resmi KemenPAN-RB dan BKN. “Kami berharap pengumumannya sebelum 24 Desember. Paling lambat 23 Desember, biar kantor kami tidak dibakar massa,” ujarnya.

Senada itu Sekda Provinsi Gorontalo Winarni Monoarfa mengatakan, pihaknya tidak berani mengumumkan bila tidak didahului pusat. Apalagi masyarakat tahu pelaksananya adalah Panselnas.

“Kenapa setengah-setengah, kalau Panselnas sudah ambil dari awal, sebaiknya pengumumannya juga diambil alih. Daerah ikut aja, kalau kita disuruh umumkan sendiri, kami tidak mau ambil risiko didemo para pelamar,” tuturnya.

Sementara Asdep Perumusan Kebijakan Pengadaan SDM Aparatur A Rizal mengatakan, pusat bisa saja mengumumkan hasil TKD. Namun untuk penetapan kelulusan harus tetap pejabat pembina kepegawaian (PPK).

“KemenPAN-RB tidak bisa menetapkan kelulusan. Yang berhak adalah PPK dengan mengacu pada hasil TKD yang sudah kita serahkan ke masing-masing daerah,” ucapnya.

Dia menambahkan, hasil TKD sudah dicantumkan nilai masing-masing pelamar. Mulai dari tes wawasan kebangsaan, tes intelegensia umum, dan tes karakteristik pribadi. Dari hasil itu baru PPK masing-masing daerah bisa menetapkan kelulusan.

Satu Tanggapan

  1. kami honorer k2, bekerja sungguh2 spt tmn2 PNS yg lain.bhkan sekolah km adl SD inti dgn siswa pr kelas rat 45 ank yg notabene dg bejibun kegiatan yg sgt menguras tenaga, pikiran dn 150 rb?lha km…hny bs u beli beras 30 kg.tlg diperhatikn nasib kami….!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: