Yakin Guru Kewalahan Terapkan Kurikulum 2013

166569_492536414122794_2004333008_nJAKARTA – Ketua Umum PB PGRI, Sulistyo, mengkritisi kurikulum 2013 yang secara bertahap implementasinya bakal diperluas tahun 2014 mendatang.

Menurutnya, kurikulum yang disusun sederet para ahli itu memang tampak gagah tapi banyak bolongnya.

Kurikulum yang disusun tanpa persiapan matang menjadikan kurikulum 2013 ini tampak gagah tetapi bolong di sana-sini,” kata Sulistyo saa konferensi pers Refleksi Akhir Tahun Pendidikan Nasional PB PGRI, di Jakarta, Jumat (27/12).

Menurut Legislator asal Jawa Tengah itu, Kurikulum 2013 yang dikemas dalam sebutan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD), ditambah  pendekatan tematik integratif untuk SD yang butuh pemahaman dan perubahan paradigma mengajar para guru, hingga penilaian proses dan hasil pembelajaran, menjadikan Kurikulum baru itu tak lugas sehingga sukar dimengerti para guru.

Apalagi, katanya, pelatihan guru yang tidak disiapkan dengan baik menimbulkan banyak pertanyaan terkait dengan kesiapan guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013.

“Bagaimana kesiapan bahan dan proses pelatihan? Bagaimana dengan data guru dari Dapodik yang amburadul? Pengalaman pelatihan tahun 2013, data Dapodik tidak menunjukan akurasi yang tepat, dan banyak guru yang kalang kabut,” ujar Sulistyo mempertanyakan.

Belum lagi masalah kekurangan guru yang dialami di banyak daerah untuk tingkat sekolah dasar.  Guru akan mengalami kesulitan penilaian secara holistik di kelas karena jumlah siswa sangat besar dibanding guru. Karena itu PGRI meragukan Kurikulum 2013 berjalan optimal tahun depan.

 

jawapos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: