Kelirumologi Dapodik

1. DAPODIK = produk Aplikasi?
DAPODIK itu sejatinya adalah suatu konsep/skema dari sebuah program kerja tingkat kementrian terkait dengan pengelolaan data skala nasional. Koordinator utama program DAPODK saat ini adalah PDSP yang bertugas menyediakan referensi data pokok pendidikan dan mengumpulkan data rinci tambahan lainnya dari setiap unit kerja utama kementrian. Adapun setiap unit kerja utama bertugas mengumpulkan data rinci lainnya menggunakan solusi aplikasi masing-masing. Aplikasi DIKDAS = DAPODIKDAS, Aplikasi DIKMEN = PAS, Aplikasi PAUDNI = DAPODIKPAUDNI, Aplikasi DIKTI = PDSS, Aplikasi BPSDMPK = PADAMU NEGERI, Aplikasi PDSP = NISN, NPSN.

2. DAPODIK = terobosan baru?
Program DAPODIK pertama kali diimplementasikan sejak 2006 oleh Biro PKLN Depdiknas bersamaan dengan program JARDIKNAS dimasa itu. DAPODIK saat ini hanya melanjutkan/meneruskan saja dari program sebelumnya. Jadi program DAPODIK bukanlah hal yang baru, kecuali jika nama programnya dibuat beda, misal: “BUKAN DAPODIK”

3. DAPODIK = hanya program ujicoba?
DAPODIK sudah dirintis sejak 2006 lalu, sudah berlangsung 8 tahun sehingga tidak layak lagi disebut program ujicoba. Gara-gara program aplikasinya saat ini saja yang dirasakan banyak eror/bug, lambat aksesnya, anomali data, gagal sinkron dll sehingga dinilai sebagai “program ujicoba”

4. DAPODIK = masih butuh waktu menyelesaikan masalah?
Sejak 2006 sampai saat ini sudah bermasalah atau dipermasalahkan dengan perbedaan topik/temanya saja. Periode 2006 sd 2007 dipermasalahkan tupoksi pelaksananya. Periode 2008 – 2009 dimatisurikan dengan cara tidak dialokasikan anggaran operasionalnya. Periode 2010 dialihkan ke PDIP sebagai backup pengganti program pendataan mereka masa itu (padatiweb). Periode 2011 diganti skema kerja dan manajemen pengelolaannya dalam rangka reformasi birokrasi (PDSP). Periode 2012 – 2013 dibuat beragam aplikasi pendataan baru yang faktanya masih banyak masalah/kendala teknis hingga 2014 saat ini, sampai berdampak sistemik pada program penting lainnya.

Sepertinya perlu solusi revolusioner yang lebih profesional agar program DAPODIK dapat lebih terjamin berlangsung dengan baik dan lancar, tidak bertele-tele dan berputar-putar lagi masalahnya sebagaimana masih dirasakan berlangsung hingga saat ini. Ada usulan solusi yang cerdas, cermat dan cepat agar kelirumologinya tidak berkepanjangan abadi?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: