Antara Perlu dan Tidak Perlu

image002

Jakarta (Dikdas): Tiap hari ada saja operator dan guru menyambangi ruang layanan terpadu Dapodik dan tunjangan guru di Gedung C lantai 19 Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senayan, Jakarta.

Padahal jawaban atas berbagai pertanyaan yang mereka lontarkan pada dasarnya sama dengan jawaban dari petugas di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di masing-masing daerah. Sebab, tiap tahun, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar menggelar rapat koordinasi dan bimbingan teknis yang diikuti oleh pejabat dan tenaga operator Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan provinsi se-Indonesia.

Namun, persoalannya, sering tenaga operator yang menangani Dapodik dan tunjangan guru diganti oleh pimpinan di Dinas Pendidikan. Sehingga ketika pegawai baru memberi penjelasan kepada operator sekolah dan guru, kadang tidak memuaskan mereka.

Kondisi itu pun sebenarnya sudah diantisipasi. Berbagai informasi terkait Dapodik dan tunjangan guru yang terbaru selalu diinformasikan melalui laman resmi Dapodik dan Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Laman Dapodik yaitu infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id dan

informasi tunjangan guru yaitu
http://223.27.144.195:8081,
http://223.27.144.195:8082,
http://223.27.144.195:8083,
http://223.27.144.195:8084,
http://223.27.144.195:8085,
http://223.27.144.195:8086,
http://223.27.144.195:8087,
http://223.27.144.195:8088,
http://223.27.144.195:8089.

“Imbauan kita, tidak usah ke sini karena ke sini perlu biaya, waktu, dan meninggalkan peserta didik. Manfaatkan saja laman itu, yang juga bisa diakses dari smartphone ” kata Tagor Alamsyah Harahap, M.Kom., Kepala Seksi Penyusunan Program Sub Direktorat Program dan Evaluasi Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar, di Jakarta, Jumat, 14 Maret 2014.

Pertanyaan yang sering dilontarkan, ujar Tagor, di antaranya pemenuhan syarat penerima tunjangan, penerbitan SK, dan hilangnya jam mengajar. Kedatangan mereka pun ‘musiman’. Ramai datang sebelum SK terbit dan sepi usai penerbitan SK.

Cek data

Tohariyah, guru SD Negeri Cilandak Barat 12 Cilandak, Jakarta Selatan, yang juga merangkap sebagai operator sekolah, mengaku datang untuk mengecek data yang tidak keluar di komputer sekolahnya. Namun, ketika datang ke ruang layanan terpadu dan dibantu operator, persoalannya dengan mudah terselesaikan. Sebab, sebenarnya, ia datang tidak bawa masalah, namun akan lebih yakin jika datang langsung ke sumbernya.

“Saya datang ke sini, dicek, ternyata ada. Berarti komputer saya di sekolah bermasalah,” ujarnya saat hendak pulang di ruang layanan terpadu, Jumat, 14 Maret 2014. “Saya lebih puas bertanya di sini daripada dengar-dengar dari orang.”

Tohariyah mengaku tak mengalami kendala teknis terkait Dapodik. Ia datang karena sejak awal bila ada masalah ia langsung menyambangi Kemdikbud, tidak ke kantor Dinas Pendidikan.

Abdul Rahman, guru dan operator di SD Negeri Cilandak Barat 08 Cilandak, Jakarta Selatan, mengalami persoalan yang mirip Tohariyah. Setelah menemui operator, ia mengetahui masalahnya pada kekeliruan penempatan saat memasukkan data ke aplikasi Dapodik.

“Sistem Dapodik sudah bagus, cara pengirimannya saja yang agak lama,” ujarnya. Lama pengiriman data atau sinkronisasi terkait server.

Tagor mengakui layanan server masih terbatas dan kapasitasnya terus ditingkatkan. Ini seiring dengan jumlah guru yang memerlukan layanan terus meningkat.

“Transaksi bisa sampai 1,5 juta per hari karena satu orang bisa sampai 50 kali akses untuk guru dikdas se-Indonesia yang jumlahnya mencapai 2,1 juta orang. Perlulah kita menyediakan sarana dan prasarana. Ruangan sudah, tinggal nanti dari segi hardware,” tambahnya.* (Billy Antoro)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: