Dapodik 2014 : Data Ganda Dan Solusinya

Share Kang Nunu Nugraha
Setelah menyimak tentang kesulitan, kendala, kasus-kasus temuan ditahap pelaksanaan, dan komen-komen yang diungkap para OPS serta hasil pengalaman sendiri, sepertinya untuk Aplikasi Dapodikdas 2014 ini ada beberapa kesimpulan yang mungkin bisa diambil, yaitu :

1. Untuk kasus PTK, PD dan Sarpras bila ditemukan BERGANDA, maka datanya tidak bisa dihapus, melainkan hanya bisa “tidak difungsikan” saja.
Adapun cara tidak memfungsikan ini bisa dilakukan :
a. Untuk PD, klik tombol REGISTRASI dan kosongkan kolom-kolom isian pada menu registrasi ini.
b. Untuk PTK, klik tombol PENUGASAN dan kosongkan kolom-kolom isian pada menu penugasan ini.
c. Untuk Sarpras, klik tombol data jenis prasarana yg bergandanya > klik tombol INPUT KONDISI > klik tombol hapus > klik tombol save and close, lanjutkan ke tombol Sarana dan Buku&Alat, klik semua data yg terdapat pada 2 tab ini > klik tombol LENGKAPI DATA PERIODIK > klik hapus > klik save and close.

2. Untuk Kasus JENIS PRASARANA YANG SUDAH TIDAK ADA karena ambruk atau dirobohkan untuk kepentingan lain, maka klik tombol data jenis prasarananya > klik tombol INPUT KONDISI isikan semua kolom dengan angka 100 > > klik tombol save and close, lanjutkan ke tombol Sarana dan Buku&Alat, klik semua data yg terdapat pada 2 tab ini (lakukan data per-data) > klik tombol LENGKAPI DATA PERIODIK > klik hapus > klik save and close. jangan lupa bila Jenis Sarana dan Buku&Alatnya dipindahkan maka lakukan pemindahan jenis sarananya ke Jenis Prasarana yang digunakan sebagai penampungnya tersebut.

3. Untuk Data Jenis Prasarana yang bangunannya tetap ada tetapi pada tahun pelajaran ini DIALIHFUNGSIKAN karena sesuatu hal atau kepentingan, maka plihan jenis prasarananya klik 2x copy dan pastekan pada kolom Nama > kemudian klik pilihan jenis prasarana tadi dan pilih jenis prasarana yang sesuai dengan fungsinya yang sekarang. Jangan lupa pengalihan fungsi bangunan akan menyebabkan perubahan isian jenis Sarana dan Buku&Alat maka silahkan ganti kolom isian Jenis Sarana dan Buku&Alatnya sesuai dengan keadaan sekarang.

4. Meski pada Validasi Data masih berisi data invalid atau warning, Sinkronisasi tetap bisa dilakukan.

Mohon koreksi dari semuanya.
Semoga Bermanfaat….!!!

Satu Tanggapan

  1. assalamu alaikum. saya mau bertanya tentang dapodik. bagamana caranya merubah data PD dan PTK,? sedangkan data pada dapodik v 3.00 sudah terkunci alias tidak bisa lagi dibuka.. Mohon solusinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: