8 SK Pengangkatan Honorer K-2 Pemkab Jember di Palsukan

20140226_174503_honorer-k2JEMBER – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jember menemukan delapan surat keputusan (SK) pengangkatan honorer K-2 di Pemkab Jember diduga palsu. Kepala BKD Jember Joko Santoso menyebut SK tersebut meragukan.

“Meragukan dari sisi administrasi dan keabsahan,” ujar Joko, Jumat (7/11/2014). Delapan SK itu ditemukan setelah BKD menelusuri SK-Sk tersebut.

Terungkapnya SK honorer K-2 diduga palsu itu setelah BKD Jember mengajukan berkas-berkas honorer K-2 itu ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Jumlah honorer K-2 di Jember mencapai lebih dari 4.000 orang. Tahun ini, Pemkab mendapatkan kuota formasi pengangkatan honorer K-2 itu sebanyak 1.010 formasi.

Untuk mengisi formasi itu, tentu saja honorer K-2 harus menyerahkan berkas ke BKD diteruskan ke BKN. Saat petugas BKN memeriksa berkas-berkas itulah, petugas menemukan ada indikasi pemalsuan SK.

“Bisa dilihat dari masa kerja. Honorer K-2 itu kan maksimal harus sudah bekerja Januari 2005. Kalau lebih dari itu tidak boleh, seumpama tahun 2006 itu tidak boleh. Berdasar dari itu, kami menelusuri dengan cara menggali informasi,” lanjut Joko.

Terkait masa kerja itu bisa ditelusuri dengan bertanya kepada pihak terkait, seperti tempat sekolah yang bersangkutan. Dari situ petugas akan mengurutkan apakah SK tersebut logis untuk diberikan kepada calon honorer atau tidak.

“Setelah kami lakukan penelusuran ternyata ada delapan yang SK-nya meragukan. Kemarin sudah kami laporkan ke Polres,” imbuhnya.

Pelaporan itu dilakukan bulan Oktober lalu. Menurut Joko, jika ada indikasi pemalsuan dokumen maka sudah masuk ranah pidana dan itu kewenangan pihak kepolisian. Kedelapan SK yang diduga palsu tersebut adalah SK dari honorer K-2 di dunia pendidikan alias guru.

TRIBUNNEWS.COM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: