Pakar: Kurikulum 2013 Membingungkan Guru dan Murid

brt631940593Jombang – Pakar pendidikan di Jombang yang juga Dekan FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Undar, Suhudi, menilai kurikulum 2006 atau KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) lebih tepat diterapkan dalam sistem pembelajaran dibandingkan meneruskan kurikulum 2013 (K-13). Karena dalam kenyataannya, K-13 sangat membingungkan guru dan murid.

Selain itu, penerapan K-13 juga terkesan tergesa-gesa, sehingga kondisi di bawah sangat tidak siap. “Kelemahan lain, kurikulum 2013 ini diberlakukan pada 2013 lalu sehingga SMP kelas VII, Kelas VIII, SD kelas I, Kelas II, SMA kelas X dan XI, itu melaksanakan kurikulum 2013 terkesan tergesa-gesa dan tidak siap. Contohnya proyek buku yang banyak menuai masalah,” kata Doktor Tehnologi Pembelajaran lulusan Universitas Negeri Malang ini, Minggu (21/12/2014).

Suhudi menambahkan, tidak ada evaluasi yang cukup atas uji coba kurikulum 2013. Setelah satu tahun diterapkan ke sekolah-sekolah yang ditunjuk, pemberlakukan kurikulum baru itu berbahaya. Pasalnya, penyusunan dan perumusan kebijakan K-13 itu tidak melibatkan pakar pendidikan, namun justru dari unsur non pendidikan.

Atas kondisi itu, Suhudi mendukung sepehunya jika K-13 dicabut dan kembali ke KTSP. Alasannya, selain sudah berjalan, kurikulum 2006 juga sudah dipahami oleh guru dan murid. “Kurikulum 2006 ini sesuai dengan keadaan masyarakat Indonesia yang hiterogen, ada yang tinggal di Desa terpencil, Pulau terpencil maupun Kota dan wilayah yang maju,” kata Dekan FKIP Undar Jombang ini.

Disinggung soal keputusan Dinas Pendidikan Jawa Timur yang sepakat untuk melanjutkan penerapan K-13, Suhudi sangat menyesalkan keputusan tersebut. “Sekali lagi, penerapan K-13 sangat tergesa-gesa. Sehingga guru dan murid tidak siap. Lebih baik kita kembali saja ke KTSP,” pungkasnya. [suf/but]
(beritajatim.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: