Tanggung Jawab Dapodik

Oleh : ibnu aditya karana

Dapodik menjadi tanggung jawab semua warga sekolah
part 1
untuk diperhatikan
bagi yang mau saja .. Yang ga mau nga apa2 .. Kalo nga bermanfaat di unfriend aja
hidup nga usah dibuat susah
untuk seluruh data pokok pendidik (dapodik) wajib diketahui oleh seluruh elemen warga sekolah. Untuk itu setiap data yang dikirimkan dengan mekanisme sinkronisasi antara aplikasi yg ada disekolah ke server pendataan di kemdikbud harus melalui persetujuan kepala sekolah selaku stake holder tertinggi di satuan pendidikan.

Oleh sebab itu seluruh tenaga administrasi yg diberi tanggung jawab sebagai operator sekolah harus melaporkan kepada seluruh warga sekolah terhadap data yg sudah di input dan akan dikirimkan
dan kami menghimbau agar masing2 ptk bisa mengakses lembar info ptk sebagai media pengawasan dan melaporkan kepada operator sekolah apabila ada data2 yg dianggap belum sesuai untuk meminimalisir kesalahan

oke saya revisi dech ..
Ingat operator sekolah hanya petugas yang diberikan tugas untuk menginstal, entry data (input, ngetik data) dan mengirimkan data ke server dapodik. Bukan petugas yang bertanggung jawab terhadap bisa atau tidak nya terbit sk tpp seorang ptk.
(masih ada yang kurang nga ?? Kalo masih ada kasih tau yah)
salam kenyot dua jari
admin aneka tunjangan
p2tk dikdas
ibnu aditya karana

dapodik menjadi tanggung jawab semua warga sekolah
part 2
buka facebook semua ramai membicaraan launching nya aplikasi dapodik versi 3.02.
Sekali lagi kami ingatkan aplikasi dapodik merupakan wadah atau media dalam menggambarkan keadaan satuan pendidikan beserta warga sekolah, yang digunakan oleh direktorat teknis sebagai pengambil keputusan dalam menjalankan program2 pemerintah. Dalam hal ini direktorat p2tk dikdas menggunakan data tersebut sebagai dasar penyaluran aneka tunjangan.

Sebelum bekerja atau menginput data ke aplikasi dapodik ada baiknya dipersiapkan segala bentuk kesiapan data pendukung antara lain :
1. Data individu ptk : data pribadi seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, pastikan segala bentuk data yang di serahkan oleh ptk sudah di setujui dan jelas baik penulisan maupun informasinya

2. Data individu siswa :

3. Pembagian beban mengajar, nah ini yang penting hati2 dalam pembagian tugas mengajar harus di ketahui kepala sekolah dan disetujui oleh masing2 ptk terkait dalam hasil akhir jumlah beban mengajar.

Setelah semua data dan informasi terkumpul dengan lengkap ada baiknya untuk mempelajari fitur2 yang ada dalam aplikasi agar tidak ada kesalahan dalam bekerja. Input seluruh data yang telah anda dapatkan sesuai dengan hardcopy yang anda terima. Tanyakan apabila ada ketidak jelasan terhadap informasi yang tersedia.

Setelah semua informasi yang anda terima sudah terinput pada aplikasi lakukan cross check ke masing-masing ptk terhadap data yang anda input baik data individu maupun data pembagian beban mengajar. Jangan melakukan pengiriman data apabila masih ada keraguan dan masih ada ptk yg belum menyetujui data tersebut.

Lakukan sinkronisasi tunggu beberapa hari hingga p2tk bisa menampilkan pada lembar info ptk.

Mulai ajari atau minimal pada saat anda membuka lembar info ptk di dampingi oleh ptk tersebut, baca dan perhatikan perlahan dan catat apabila ada koreksi dari ptk tersebut.

Ingat semua ptk wajib mengetahui lembar info ptk atau minimal tau informasi yang ada pada lembar info ptk yang di dampingi oleh operator sekolah. Jangan pernah bekerja sendiri tanpa pengawasan dan pendampingan. Yang bertanggung jawab terhadap data tidak valid adalah ptk sendiri bukan operator sekolah. Operator sekolah bertanggung jawab hanya terhadap ada kesalahan input akibat human error.
Kalo perlu di captur dan di print bagikan tulisan saya ke kepala sekolah dan ptk masing-masing

ingat jangan bekerja apabila ada masalah dengan percintaan karena orang yang galau suka bikin kacau (just kiding)

selamat bekerja
salam metal
admin aneka tunjangan
p2tk dikdas

ibnu aditya karana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: