Ngelencer ke Luar Negeri, Sejumlah Pejabat Dispendik Jember Dikecam

brt373632341Jember – Sejumlah pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Jember, Jawa Timur, tetirah ke Malaysia dan Singapura akhir pekan kemarin. Legislator DPRD Jember mengecam mereka.

Sekretaris Dispendik Subadri Habib mengatakan, rombongan tersebut terdiri atas beberapa kepala unit pelaksana teknis di tingkat kecamatan dan seluruh kepala bidang dinas. “Saya lupa jumlahnya. Mereka berangkat Kamis malam (26/32015) dan pulang Minggu (29/3/2015),” jelasnya, Rabu (1/4/2015).

Habib mengatakan, rombongan itu berangkat dengan uang pribadi. “Ini bukan perjalanan dinas resmi dan tidak ada anggarannya di APBD,” katanya.

Di Johor Baru, Malaysia, rombongan mendatangi Newcastle University. Setelah itu mereka bertolak ke Singapura untuk mengunjungi perpustakaan di sana. “Jadi ini tidak mengganggu kegiatan kedinasan, karena waktunya pendek,” kata Habib.

Legislator Komisi D Bidang Pendidikan Isa Mahdi menilai pejabat Dispendik yang berangkat ke luar negeri tidak sensitif. “Kalau saat kondisi sosial masyarakat normal-normal saja tak masalah. Tolonglah kalau mau kunjungan seperti ini, lihat dulu kondisi sosial kemasyarakatan dan bermanfaat atau tidak,” katanya.

“Saya tahunya Jumat kemarin. Ada salah satu kepala UPTD telpon balik ke saya dan bilang sedang berada di Singapura. Saya kroscek ke kepala UPTD lain ternyata benar. Ini untuk kepentingan apa tidak jelas,” tukas Isa.

Isa mengingatkan, setiap pegawai negeri sipil yang ke luar negeri harus mengikuti prosedur yang ketat. “Apalagi ini rombongan besar dan saat hari kerja. Ini tidak wajar, karena semua kepala bidang tidak ada. Pelayanan terganggu Jumat itu, tidak bisa dibenarkan,” katanya.

Isa akan menyampaikan ke ketua Komisi D untuk meminta konfirmasi ke Dispendik. “Kalau kedinasan, ongkos mana yang dipakai. Kalau ternyata ini bukan dari APBD, jadi pertanyaan lagi dari mana? Janganlah kita menghambur-hamburkan anggaran,” katanya. [wir]

Sumber : beritajatim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: