EFIN

EFIN adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak kepada Wajib Pajak yang melakukan Transaksi Elektronik dengan Direktorat Jenderal Pajak. Transaksi elektronik artinya segala jenis perbuatan hukum yang dilakukan menggunakan komputer/jaringan komputer atau menggunakan media elektronik lainnya termasuk didalamnya adalah pelaporan SPT Tahunan bagi wajib Pajak e-filing.

Tujuan diterbitkan EFIN adalah sebagai alat untuk autentikasi pengguna pada saat pertama kali mendaftar atau menggunakan layanan online yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak. Untuk menjamin keamanan data maka pada saat Wajib Pajak mendaftar pertama kali akan diberikan username dan password selain EFIN di atas.

Wajib Pajak harus menjaga kerahasiaan EFIN, Username dan Password yang diberikan untuk login ke layanan online Direktorat Jenderal Pajak karena di dalam aplikasi e-filing terdapat data-data pribadi anda.

Cara Mendapatkan EFIN Terbaru untuk Aktivasi Sebagai Wajib Pajak E-Filing
Contoh EFIN
 

Cara Mendapatkan EFIN untuk E-Filing

Aplikasi e-filing sebenarnya dapat digunakan untuk melaporkan baik SPT Tahunan maupun SPT Masa. Untuk dapat masuk ke aplikasi e-filing maka anda perlu mendapatkan EFIN terlebih dahulu untuk registrasi awal. Cara mendapatkan EFIN adalah dengan langsung datang ke Kantor Pelayanan Pajak terdekat dengan ketentuan sebagai berikut:

Mengajukan Aktivasi EFIN Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi

Wajib Pajak Orang Pribadi dapat mengajukan permohonan aktivasi EFIN dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Permohonan aktivasi EFIN dilakukan oleh Wajib Pajak sendiri tidak diperkenankan untuk dikuasakan kepada pihak lain
  2. Wajib Pajak mengisi, menandatangani dan menyampaikan Formulir Permohonan Aktivasi EFIN dengan mendatangi secara langsung Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat
  3. Membawa fotokopi dan menunjukkan dokumen asli berupa KTP serta NPWP.

Mengajukan Aktivasi EFIN Bagi Wajib Pajak Badan

Syarat dan ketentuan pengajuan permohonan aktivasi EFIN bagi Wajib Pajak  Badan adalah sebagai berikut:

  1. Permohonan aktivasi EFIN dilakukan oleh pengurus yang ditunjuk untuk mewakili badan dalam rangka melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.
  2. Pengurus sebagaimana dimaksud pada huruf a mengisi, menandatangani dan menyampaikan Formulir Permohonan Aktivasi EFIN dengan mendatangi secara langsung KPP tempat Wajib Pajak terdaftar.
  3. Pengurus sebagaimana dimaksud pada huruf a menunjukkan asli dan menyerahkan fotokopi dokumen berupa:
  • Surat penunjukan pengurus yang bersangkutan untuk mewakili badan dalam rangka melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.
  • Identitas berupa KTP dan NPWP atas nama yang bersangkutan.
  • Kartu NPWP dan SKT atas nama Wajib Pajak Badan.
  • alamat email aktif yang dapat digunakan sebagai sarana komunikasi perpajakan.
    Cara Mendapatkan EFIN Terbaru untuk Aktivasi Sebagai Wajib Pajak E-Filing
    Permohonan Aktivasi EFIN

Sebagai informasi tambahan adalah permohonan pengajuan aktivasi EFIN akan diteliti terlebih dahulu oleh petugas untuk memastikan kebenaran data dan fisik melalui dokumen yang disampaikan. Khusus untuk karyawan dapat mengajukan permohonan aktivasi EFIN dengan cara kolektif atau berkelompok minimal terdapat 20 orang karyawan. EFIN yang telah anda peroleh dapat digunakan sampai dengan 30 hari sejak diterbitkan dan dapat mengajukan untuk dicetak kembali apabila EFIN hilang atau telah lebih dari 30 hari.

Demikian penjelasan mengenai cara mendapatkan EFIN menurut aturan terbaru agar dapat menyampaikan SPT Tahunan menggunakan aplikasi e-filing. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: