Menteri Yuddy: Guru Jangan Hanya Jago Teori

JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi menuturkan, seorang pendidik dikatakan sukses bila memiliki tujuan. Serta mampu bekerja, tanpa mengharapkan imbalan.

Selain itu, seorang guru juga harus mengetahui kapan waktunya mendengarkan siswa, memberikan nasehat, dan mampu memberikan pujian.

“Guru harus memiliki keberanian mengambil risiko. Siswa bisa melihat gurunya mencoba hal-hal baru dan bagaimana mengatasi risiko kegagalan,” ujar Yuddy saat menjadi pembicara di Universitas Nasional Jakarta (UNJ), Selasa (24/5).

Guru Besar dari Universitas Nasional itu menambahkan, seorang guru tidak hanya jago teori. Namun, sikap perilakunya juga harus menjadi panutan. Seorang pendidik yang sukses juga harus mampu beradaptasi dengan kebutuhan para siswa, termasuk perubahan-perubahan yang terjadi di dalam ruang kelas.

“Para siswa tidak hanya membutuhkan dukungan material pengetahuan tetapi juga emosionalnya,” ucap Yuddy.

Menurut Yuddy, terkadang hal yang berat bagi seorang pendidik adalah dirinya sendiri. Tidak jarang, pendidik baik guru maupun dosen membuat batasan-batasan bagi dirinya sendiri. Padahal, seorang guru yang baik tahu kapan saatnya untuk menerobos atau merobohkan batasan-batasan itu.

“Menjadi pendidik juga merupakan proses pembelajaran yang tidak berkesudahan bagi para pendidik itu sendiri. Inilah yang menjadi kunci sukses seorang SDM pendidikan yang kompetitif di era perubahan sekarang ini,” tandas Yuddy. ‎‎(esy/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: