Mendikbud: Guru Harus Punya Tiga Modal Ini

Mendikbud Muhadjir Effendy. Foto: dok jpnn

MERAUKE–Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menegaskan, pemerintah akan meningkatkan profesionalisme guru. Kebijakan ini ditempuh agar kompetensi guru meningkat, sehingga berimbas pada mutu pendidikan.

“Mutu pendidikan akan bagus tergantung guru. Bila tenaga pendidiknya profesional, berkompetensi tinggi, otomatis mutunya juga meningkat,” kata Muhadjir, Kamis (6/10).

Digambarkannya, seorang guru harus memiliki tiga modal, yaitu keahlian sebagai pendidik, tanggung jawab sosial, serta semangat kesejawatan.

“Tanggung jawab sosial seorang guru merupakan hal penting karena guru bukan sekadar pekerjaan namun panggilan jiwa,” pesan mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini kepada para pengajar dan calon guru yang sedang belajar di Kolese Pendidikan Guru (KPG) Papua di Kabupaten Merauke. ‎

Bupati Merauke Frederikus Gabze menunjukkan perhatiannya pada isu pendidikan di daerah tapal batas. Pria yang akrab dipanggil Freddy itu mengungkapkan keseriusannya dalam memperluas akses pendidikan untuk anak-anak di pelosok, salah satunya melalui penyediaan guru.

“Saya jamin lulusan KPG Papua akan menjadi guru-guru di daerah pelosok, daerah terpencil,” ujarnya seraya disambut sorak sorai para calon guru. ‎(esy/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: