Cara Daftar BPJS Kesehatan Offline Untuk Perorangan Terbaru 2016

cara-daftar-bpjs-kesehatan-offline-untuk-perorangan

Daftar Offline adalah langsung ke Kantor BPJS Kesehatan terdekat di kota Anda  sangatlah mudah. Syarat pendaftaran BPJS pun tidak ribet.

Namun jika Anda sudah terdaftar menjadi anggota JKN, Jamkesda atau pemilik ASKES maka secara otomatis Anda telah menjadi anggota BPJS kesehatan.

Nah, untuk Anda yang sebelumnya tidak menjadi anggota JKN, Jamkesda atau belum memiliki ASKES, pemerintah memberi kemudahan untuk mendaftar sebagai anggota BPJS Kesehatan perorangan atau keluarga secara mandiri baik dilakukan secara online maupun offline/ datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan.

Saat daftar BPJS Kesehatan perorangan secara offline, Anda akan ditawari kelas ruang rawat inap, yaitu kelas III, Kelas II dan Kelas I. Masing-masing kelas BPJS Kesehatan dikenakan iuran bulanan dan jenis pertanggungan yang berbeda. Kecuali bagi Penerima Bantuan Iuran (PBI), pembayarannya ditanggung oleh negara.

Jumlah Iuran Bulanan BPJS Kesehatan

  • Jumlah Iuran Bulanan BPJS Kesehatan Kelas 3 sebesar Rp. 25.500,- (dua puluh lima ribu lima ratus rupiah) per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas III.
  • Jumlah Iuran Bulanan BPJS Kesehatan Kelas 2 sebesar Rp. 42.500,- (empat puluh dua ribu lima ratus rupiah) per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas II.
  • Jumlah Iuran Bulanan BPJS Kesehatan Kelas 1 sebesar Rp. 59.500,- (lima puluh sembilan ribu lima ratus rupiah) per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas I.

Update:

Tarif baru iuran BPJS Kesehatan

a. Kelas 1 = Rp. 59.500 naik jadi Rp. 80.000,-

b. Kelas 2 = Rp. 42.500 naik jadi Rp. 51.000,-

c. Kelas 3 = Rp. 25.500

Setelah Anda terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan, Anda wajib membayar iuran BPJS Kesehatan sebelum tanggal 10 setiap bulannya, tidak bisa diurus ketika sakit saja.

 

Syaratnya :

  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi KTP/ Paspor, masing-masing 1 lembar
  • Fotokopi Buku Tabungan salah satu peserta yang ada didalam Kartu Keluarga
  • Pasfoto 3 x 4, masing-masing sebanyak 1 lembar.

 

  • Cara Daftar BPJS Kesehatan Perorangan atau Keluarga Secara Offline

Untuk mendaftar BPJS Kesehatan offline, silakan datang ke Kantor BPJS Kesehatan di kota Anda. Isilah formulir Daftar Isian Peserta (DIP) yang telah disediakan, lampirkan dokumen persyaratan membuat Kartu BPJS Kesehatan. Daftarkan seluruh anggota yang ada dalam kartu keluarga.

Setelah mendaftar, Anda dan calon peserta yang ada di Kartu Keluarga akan memperoleh Nomor Virtual Account (VA). Silakan lakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan ke Bank Mandiri, BRI atau BNI.

Setelah membayar iuran ke salah satu bank yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, serahkan bukti pembayaran ke Kantor BPJS Kesehatan tempat Anda mendaftar untuk memperoleh kartu JKN.

Demikianlah cara daftar BPJS Kesehatan offline untuk perorangan atau keluarga. Silakan share ke teman Anda di facebook, twitter dan google plus. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: