Wiranto: Laporkan Pungli ke www.Saberpungli.id

461477052369Jakarta – Menteri Koordinator (Menko) bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Wiranto mengharapkan keterlibatan aktif dan partisipasi masyarakat luas dalam pemerantasan pungutan liar (Pungli). Meski saat ini, pemerintah telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) anti pungli, kegiatan itu tidak akan berhasil jika masyarakat tidak aktif terlibat.

“Apakah di jalanan, kantor, tempat-tempat pelayanan publik pasti banyak (pungli), baik pusat maupun daerah. Partisipasi masyarakat akan menentukan keberhasilan Satgas Saber pungli,” kata Wiranto saat mengukuhkan Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) di kantor Menko Polhukam, Jakarta, Jumat (28/10).

Ia menjelaskan masyarakat bisa melaporkan langsung praktik pungli kepada aparat yang berwewenang. Bisa juga lewat telepon call center 193 atau pesan singkat (short service message-sms) SMS Center 1193. Pengaduan juga bisa lewat website http://www.saberpungli.id.

“Semua kita tindaklanjuti. Tentu akan diverifikasi terlebih dahulu kebenarannya,” tuturnya.

Kepada para petugas yang bergabung dalam Satgas Anti Pungli, Wiranto minta supaya bekerja cepat dan efektif. Aparat yang tergabung dalam Satgas harus siaga dan responsif atas keluhan masyarakat.

“Saya sudah tekankan kepada para petugas Satgas yang kita pilih dari orang-orang yang kini bisa mampu bekerja, harus kerja. Menghapuskan pungli dari Indonesia berarti memberi kepercayaan dari para investor,” pungkas Wiranto.

Dia menekankan Satgas harus menanggapi seluruh pengaduan masyarakat dan memberikan solusi konkret. Dengan demikian, masyarakat tak menganggap pemerintah hanya beretorika karena laporannya tidak ditanggapi.

“Pengaduan masyarakat harus segera ditanggapi dan diberikan solusi. Saya mengharapkan Saudara-saudara sekalian yang dilantik dan dikukuhkan pada hari ini siap untuk bekerja keras, kerja ikhlas, kerja tuntas dan kerja sama,” tegasnya.

Sebelumnya, pada upacara pengukuhan, Menko Polhukam Wiranto menjelaskan ada 236 aparat gabungan masuk dalam Satgas Saber Pungli. Mereka terdiri dari sembilan instansi yang ada di negara ini.

Komposisi anggota yaitu unsur Kepolisian (86 orang), Kejaksaan Agung (20 orang), Polhukam (33 orang), Kementerian Dalam Negeri (26 orang), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (18 orang), Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (11 orang), Ombudsman RI (2 orang), Badan Intelijen Negara (9 orang) dan Tentara Nasional Indonesia (18 orang).

Sumber : beritasatu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: