7 Hal Sepele yang Kamu Lakukan Ini Membuat Orang Tua Sakit Hati

orang-tua-sakit-hatiBanyak dari kita yang sering menulis status sayang untuk orang tua di sosial media meskipun nggak ada yang minta. Padahal, orang tua belum tentu membaca statusmu dan tahu apa yang kamu tulis lho, guys. Sebaliknya, kita jadi sering mengabaikan hal- hal kecil yang ternyata justru bisa membuat orang tua merasa sakit hati dan sedih.

Sering nggak disadari sih ya. Tapi penting sekali buat diperbaiki ya. Yuk lebih peka terhadap apa yang diinginkan orang tua kita 🙂 . Caranya dengan menghindari hal- hal sepele berikut ini yang secara nggak sadar bisa membuat orang tua kita tersakiti.

1. Kita Sering Lupa Menelpon Orang Tua
Jika kamu tinggal di kota lain karena kuliah atau bekerja, jangan lupa untuk sering- sering telepon ayah dan ibu ya. Ayah dan ibu nggak minta apa- apa kok dari kamu. Mendengar suara kamu ‘assalamualaikum’ saja mereka udah seneng banget, apalagi tahu kamu disana sehat wal afiat dan tercukupi. Daripada kamu menulis status rindu lebay yang hanya di like teman –temanmu saja, pastinya menelepon orang tua akan lebih bermanfaat, kan? Nggak butuh waktu lama kok 🙂

2. Kamu Jarang Berbicara Pada Mereka
Coba ingat- ingat lagi kapan terakhir kali kamu mempunyai percakapan hangat dengan ayah dan ibu? Lupa?? Aktifitas rutinmu terlalu membuat sibuk ya?

Memang sih, seringkali kita terjebak dalam pekerjaan yang menuntut kita untuk menghabiskan hampir seluruh waktu kita. Berangkat pagi, malam baru pulang. Tapi coba deh, sesibuk- sibuknya kita, kita seringkali tetep meluangkan waktu buat teleponan atau chatting dengan sahabat- sahabat kita, iya kan?

Padahal orang tuamu yang ada di rumah sering nungguin kamu pulang biar bisa ngobrol sama kamu, walaupun itu cuma obrolan sederhana saja. Sesibuk apapun, luangkan lah sedikit waktumu untuk bicara dengan orang tua ya.

3. Menjawab “Nanti” Permintaan Orang Tua
Kata ‘nanti’ sekilas terdengar sangat sepele. Tapi, tahukah kamu, hal sepele ini bisa menyakiti perasaan orang tuamu. Kata- kata ini membuat mereka merasa tidak kamu hargai. Sebaiknya jika orang tua memintamu melakukan sesuatu, misalnya melakukan pekerjaan rumah atau memintamu ke warung, lakukan lah sesegera mungkin. Biarkan gadgetmu yang menerima kata ‘nanti’ daripada orang tuamu.

4. Tidak Mau Makan Masakan Orang Tua
Yang ini sering sekali terjadi. Saking sibuknya kamu dengan aktifitas luar, kamu sering banget nih sekalian makan di luar, padahal sebenarnya kamu tahu ibu selalu masak buat kamu. Atau sering juga nih ibu memang sudah masak dan kamu di rumah, tapi kamu memilih untuk mengajak temanmu untuk makan di luar karena di café A ada makanan favoritmu.

Hal seperti sangat sensitif untuk seorang ibu. Mereka akan merasa tidak dihargai dan masakannya terbuang percuma. Padahal, biar bagaimana pun masakan di rumah adalah yang tersehat dan terbaik. Selain itu, setiap masakan ibu juga mengandung cinta untuk keluarganya. Luangkan lah waktu untuk menikmati masakan orang tua sambil mengajaknya bercerita tentang aktifitasmu seharian.

5. Membentak Mereka Tanpa Sadar
Kita semua pasti pernah merasakan bad mood atau sedang dilanda emosi tinggi, tapi bukan berarti membentak orang tua itu dimaklumi ya. Sama sekali tidak. Belajar lah untuk mengontrol dirimu lebih baik lagi. Jika kamu pernah membentak orang tuamu tanpa sadar, meminta maafa lah pada mereka. Bernjanjilah pada diri sendiri kalau kamu tidak akan mengulangi itu lagi.

6. Malas Membersihkan Rumah
Kebersihan rumah bukan hanya tanggung jawab #ibu semata, tapi seluruh anggota keluarga. Sayangnya, tidak sedikit dari kita yang secara tidak langsung memperlakukan ibu layaknya seorang ‘pembantu’. Kita memaksa ibu melakukan seluruh pekerjaan rumah, termasuk membersihkan kamar kita dan mencuci baju kotor kita. Padahal, dari segi umur, kita sudah bisa melakukannya sendiri.

Ada kalanya rutinitas seperti ini membuat ibu merasa sangat lelah dan benar- benar merasa menjadi ‘pembantu’ di rumahnya sendiri. Ia merasa tidak dihargai oleh anak- anaknya. Jika kamu anak yang baik, pasti kamu tak ingin membiarkan ibu merasakan hal seperti ini, kan? Ayo ubah kebiasaanmu mulai sekarang. Selalu jaga kebersihan rumah dan juga bantu ibu membersihkan rumah ya? Jangan sibuk sama duniamu sendiri.

 

7. Kamu Jarang Bisa Meluangkan Waktu Bersama Mereka
Kamu sering berpikir kalau quality time bersama pacar atau sahabat itu penting banget. Saking pentingnya buat kamu, kamu sampai lupa kalau quality time bersama orang tua itu jauh lebih penting. Meskipun kamu sibuk, sesekali aturlah jadwal untuk jalan- jalan bersama orang tua. Selagi mereka masih ada, jangan biarkan mereka merasa kalau kamu tidak pernah hadir untuk mereka. Sebaliknya, buatlah mereka merasa spesial untuk anak- anaknya.

Sumber : http://www.geetaditya.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: