Langkah Mengikuti LMS dalam Program Pembelajaran Daring

Course-3-kompLangkahnya sebagai berikut:
1. Buka “kelas saya”, pada tool bagian paling atas kemudian untuk mempermudah klik “BUKA SEMUA SESI”, maka akan terbuka beberapa bagian di tiap sesi. Di bawah sesi ada beberapa bagian sesi yang bisa dibuka dengan cara di klik. kemudian ada kotak kecil di sebelah kanan.

2. Klik bagian sesi tersebut satu persatu secara berurutan dari awal mohon (INGAT JGN LONCAT2).
Pahami materi yang ada di bagian sesi tersebut (bagian sesi kadang terdiri dari beberapa halaman, pahami selururhnya). Jika Bapak Ibu sudah membuka dan mempelajari semua bagian sesi pada LMS Moodle Daring, maka otomatis kotak yang kecil tersbut TERCENTANG.
Itu artinya Bapak Ibu sudah ikuti pembelajaran. Lanjutkan ke bagian sesi berikutnya.

3. Sesi 1-4 adalah materi pembelajaran, dalam materi pembelajaran biasanya ada:

a. pengantar sesi (merupakan petunjuk mengikuti sesi tersebut)

b. kegiatan pembelajaran (berupa materi yang harus dipahami)

c. forum (dalam forum biasanya ada pertanyaan/kasus terkait materi yg harus Bapak ibu pecahkan atau tanggapi. Berikan jawaban, terhadap pertanyaan atau kasus tersebut. Kemudian berikan tanggapan/komentar terhadap jawaban rekan sebanyak 2 orang)

d. Lembar Kerja
LK biasanya terdapat di bahan rujukan (LK tersebut WAJIB Bapak Ibu kerjakan, dengan cara : unduh terlebih dahulu (dgn cara diklik) – kerjakan LK tersebut (biasanya setelah di unduh bisa dibuka di file download di komputer Bapak Ibu) – Setelah dikerjakan (bisa secara offline) ganti nama file nya dengan format : LK (spasi) no LK (spasi) nama peserta.
Contoh: LK 1.2 . Endar Sudarjat
Untuk mempermudah pengelolaan file Bapak ibu diharapkan menyimpan semua file LK dalam satu file di komputer Bapak Ibu agar tidak berserakan atau terpisah.
Kemudian Meng upload LK caranya:
> buka e-portopolio (e-portofolio merupakan kumpulan tugas Bapak Ibu yg bisa ditemukan di menu atas di bawah blog refleksi), kemudian > klik tombol “Add Contribution” (ada di bawah sebelah kiri)- > pilih file LK yg akan di upload- isi titel dengan materi LK- isi konten dengan penjelasan singkat LK > klik Update Contribution untuk mengirimnya.
LK yang Bapak Ibu sudah dikerjakan dan di Upload akan diberi umpan balik oleh Pengampu/Mentor Fasilitator, maka dengan itu selalu check and rechek e-portopolio Bapak Ibu.

f. Chat sesi_ merupakan sarana berkomunikasi dengan kawan dan pengampu untuk mendiskusikan masalah, berbagi pengalaman terkait materi sesi tersebut.

g. Bahan rujukan_ adalah bahan bacaan pelajaran (biasanya berbentuk file pdf, video, word dll) yang bisa diunduh untuk lebih memahami materi. Disini juga terdapat file LK yg harus di kerjakan

h. Blog Refleksi_ adalah sarana untuk menceritakan pengalaman, kesan, keluhan atau pesan yang Bapak Ibu alami selama melakukan aktivitas pembelajaran di sesi tersebut.

i. Umpan Balik Sesi_ adalah untuk mengukur reaksi proses pembelajaran berupa “kepuasan peserta” melalui pengisian instrumen smiley face. Evaluasi ini diberikan setelah menyelesaikan 2 sesi pembelajaran, yang hasilnya digunakan untuk perbaikan pembelajaran pada sesi berikutnya.

j. Penilaian diri
Bapak Ibu harus menilai sendiri hasil pekerjaan yang telah diselesaikan sesuai dengan rubrik yang disediakan

k. Tes Sumatif_
Aktivitas tes di setiap akhir tiap sesi untuk mengukur pemahaman Bapak Ibu terhadap Materi (tes sumatif mempunyai durasi waktu, dan hanya bisa dilakukan satu kali/tidak bisa diulang)

l. Permainan Apersepsi_ adalah permainan yg bisa dikerjakan Bapak Ibu terkait materi

m. Video Call (ini wajib Bapak Ibu ikuti).
Juknisnya WAJIB Bapak Ibu baca juga hehe…. (file juknis sudah ada dalam salah satu sesi Daring atau bisa minta dikirimkan lewat email/WA/ Telegram bagi Bapak Ibu yang meminta dikirim tinggal alamat email atau nomor WA/Telegramnya sebagai kontak kirim ke pengampu/mentor. Kalau memungkinkan tinggal unduh file-nya tidak ternyata terlalu besar hanya butuh waktu buat mengunduhnya).

Mungkin awalnya Bapa Ibu akan sedikit tersendat dalam langkah mengikuti Pembelajaran di GP Daring tersebut tapi sesungguhnya jika Bapak ibu bila sabar dan telaten kemudian ikuti setiap sesi secara disiplin, berurutan dan dibaca sungguh-sungguh apa yang disedikan dalam program LMS Daring tersebut maka setelah melewati sesi 1 hasilnya akan terlihat dengan bukti aktivitas mendapat CENTANGAN pada bagian kotak terputus putus yang diset secara otomatis. Perlu diketahui dalam sistem GP sudah terdapat langkah-langkah kegiatannya dengan progresnya untuk itulah kenapa Bapak Ibu perlu memahami semua alur aktivitas kegiatan.

Apabila ada yang kurang dipahami Bapak Ibu bisa tanyakan kepada Pengampu ataupun metor IN yang ada di daerah Bpk/Ibu, selain itu juga bisa komunikasi dengan admin di Disdik masing-masing Kab/Kota. Untuk komunikasi agar lebih efektif dengan pengampu atau mentor (seperti yang saya alami hehe…) lebih enak bertanya melalui WA/ Telegram atau inbox di FB.

Demikian Bapak ibu sekalian, jangan dulu merasa bingung dan stressss.. 😉
Kita ikuti saja alurnya, niatkan ikhlas ibadah insyaalloh tidak akan terasa berat. Insyaalloh juga semua pengampu, mentor , admin masing-masing mapel atau daerah membantu, mari kita belajar bersama. Tetap Semangat, dan semoga kita semua selalu sehat agar kegiatan pembelajaran kita lebih lancar….

SALAM GURU PEMBELAJAR
Bismillah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: